Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

HUT RI Ke-77, Ratusan Warga Indonesia Ikuti Upacara Kemerdekaan Di Brunei

Rabu, 17 Agustus 2022 17:19 WIB
Dubes Sujatmiko (tengah depan) saat menjadi inspektur upacara di Perayaan HUT RI ke-77 di halaman kantor KBRI Brunei Darussalam, Rabu (17/8). (Foto: Dok. KBRI Bandar Seri Begawan)
Dubes Sujatmiko (tengah depan) saat menjadi inspektur upacara di Perayaan HUT RI ke-77 di halaman kantor KBRI Brunei Darussalam, Rabu (17/8). (Foto: Dok. KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, pada Rabu (17/8).

Untuk pertama kalinya setelah pandemi Covid-19, ratusan warga Indonesia di Brunei Darussalam antusias mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih dengan memenuhi lapangan upacara sejak pukul 07.00 pagi waktu setempat.

Mereka datang berasal dari berbagai penjuru Brunei Darussalam. Bahkan, masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam tetap bersemangat mengikuti jalannya upacara penurunan bendera Merah Putih pada sore harinya.

Acara itu ditandai dengan Upacara Pengibaran Bendera yang khidmat pada jam 8 pagi yang dipimpin oleh Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Sujatmiko, sebagai Inspektur Upacara. Mayor Caj Tinton Kurniawan bertindak sebagai Komandan Upacara.

Pengibaran bendera dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera yang terdiri dari enam pelajar Indonesia di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) yang berbaris secara padu dan rapih, serta melaksanakan pengibaran bendera dengan baik.

 

Baca juga : Fadjroel: Kemerdekaan RI Dipelopori Mahasiswa Dalam Negeri Dan Luar Negeri

 

Pengibaran bendera disertai dengan pengumandangan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh semua warga Indonesia yang hadir.

Dubes Sujatmiko memimpin jalannya acara mengheningkan cipta untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur demi mencapai kemerdekaan Indonesia. Selanjutnya, upacara diakhiri dengan pembacaan doa untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara.

Dalam berdialog dengan masyarakat Indonesia yang hadir, Dubes Sujatmiko mengingatkan agar masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan solidaritas - saling membantu diperantauan - seta memelihara kerukunan bersama.

“Saya tidak akan bosan mengingatkan masyarakat atau komunitas Indonesia di Brunei Darussalam, untuk selalu mematuhi semua hukum dan aturan yang berlaku di Brunei” ujar Dubes Sujatmiko.

 

Baca juga : PTPN Group Dukung Gelaran Pasar Kopi Indonesia Di Amsterdam

 

Ia juga menyampaikan kinerja KBRI dalam melayani WNI di Brunei, dan peningkatan kerja sama bilateral RI-Brunei Darussalam, termasuk kegiatan-kegiatan KBRI Bandar Seri Begawan dalam peran serta membantu pemulihan ekonomi di tanah air.

Acara dilanjutkan dengan pemberian Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada Pegawai (Home Staff) KBRI Bandar Seri Begawan.

Piagam Penghargaan juga diberikan warga Indonesia yang telah berjasa memberikan layanan kepada masyarakat Indonesia yang tinggal di Brunei Darussalam dan berperan serta dalam Promosi Kuliner Indonesia.

Penghargaan juga diberikan atas Pengabdian sebagai Pegawai Setempat pada KBRI Bandar Seri Begawan dengan masa kerja lebih dari dua puluh tahun dan lebih dari sepuluh tahun, serta penghargaan sebagai Pegawai Setempat dengan Kinerja Terbaik pada tahun 2022.

 

Baca juga : KBRI Bandar Seri Begawan Gelar Donor Darah Dan Layanan Kesehatan Gratis Bagi WNI Di Brunei

 

Pada perayaan HUT RI ke-77 ini, Dubes Sujatmiko, Wakil Kepala Perwakilan RI, para diplomat dan pegawai setempat, beserta keluarga mereka, juga tidak kalah dengan mengenakan pakaian adat.

Acara perayaan kemerdekaan Indonesia berakhir dengan sesi foto antara Dubes dengan semua masyarakat Indonesia yang telah hadir di KBRI Bandar Seri Begawan.

Perayaan kemerdekaan Indonesia diakhiri dalam suasana yang meriah dengan aubade yang terdiri dari 20 anak yang berusia antara 5 hingga 12 tahun, yang mengenakan pakaian adat berwarna-warni, dan menyanyikan lagu kebangsaan dan daerah dengan penuh semangat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.