Dark/Light Mode

Deputi Administrator USAID Hadiri DMM G20 Belitung

Selasa, 13 September 2022 08:26 WIB
Deputi Administrator USAID Isobel Coleman di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, menghadiri Pertemuan Menteri Pembangunan G20. (Foto Twitter @ColemanUSAID)
Deputi Administrator USAID Isobel Coleman di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, menghadiri Pertemuan Menteri Pembangunan G20. (Foto Twitter @ColemanUSAID)

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi Administrator Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) Isobel Coleman melakukan perjalanan ke Indonesia pada 8-10 September lalu untuk menghadiri Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 di Belitung, Babel dan bertemu dengan para pemimpin Indonesia, masyarakat sipil, serta para mitra USAID di Jakarta.

Di pertemuan Development Ministerial Meeting (DMM G20 Belitung) itu, Coleman meneguhkan kembali  komitmen Amerika Serikat untuk bekerja bersama negara-negara  ekonomi utama untuk mencapai kepentingan bersama. Termasuk memajukan Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Baca juga : Delegasi Dari 22 Negara Hadiri DMM G20 Di Belitung

Deputi Administrator  mengetengahkan pentingnya memberikan dukungan untuk negara-negara dalam membangun ketangguhan yang bisa menahan dampak perubahan iklim dan krisis lainnya, mendukung lembaga multilateral untuk menggerakan tindakan kolektif yang dapat mengatasi tantangan global, serta meningkatkan pembiayaan campuran (blended finance) untuk program-program pembangunan.

"Melalui DMM G20, Coleman menggalang peningkatan dukungan internasional bagi perjuangan berani Ukraina untuk mempertahankan kedaulatan dan masa depan demokrasinya dan untuk terus meminta pertanggungjawaban Rusia karena memulai perang yang tidak beralasan dan tidak adil," pernyataan pers Kedutaan Besar AS di Jakarta.

Baca juga : PM Australia Mau Hadiri KTT G20 Bali

Setelah pertemuan G20, Coleman mengunjungi Jakarta untuk bertemu dengan para pemimpin dan pejabat Pemerintah Indonesia. Dalam pertemuan itu, ia menekankan kembali kemitraan jangka panjang AS dengan Pemerintah dan rakyat Indonesia dan menekankan komitmen berkelanjutan Amerika Serikat untuk wilayah Indo-Pasifik.

Deputi Administrator juga bertemu dengan Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN untuk menegaskan komitmen Amerika Serikat dalam memperluas keterlibatan dengan ASEAN, terutama di bidang energi terbarukan dan pembangunan digital, serta menggarisbawahi pentingnya kedua bidang tersebut di wilayah ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.