Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes Nadia Burger Serahkan Surat Kepercayaan Ke Presiden Jokowi

Rabu, 14 September 2022 07:09 WIB
Dubes Kanada untuk Indonesia Nadia Burger menyerahkan Surat Kepercayaan ke Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 13 September 2022. (Foto Biro Setpres)
Dubes Kanada untuk Indonesia Nadia Burger menyerahkan Surat Kepercayaan ke Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 13 September 2022. (Foto Biro Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima surat kepercayaan dari Duta Besar Kanada untuk Indonesia Nadia Burger bersama 7 negara sahabat lainnya, di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Penunjukan Burger sebagai perwakilan tertinggi Kanada di Jakarta, bertepatan dengan peringatan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Kanada.

“Indonesia merupakan salah satu negara sahabat tersolid Kanada di Asia. Bahkan sebelum diresmikan hubungan diplomatik pada 70 tahun lalu, Kanada mendukung kelahiran dan kemerdekaan Indonesia,” ujar Dubes Burger dalam keterangan resminya, kemarin.

Sejak itu, lanjutnya, persahabatan dan ikatan kerja sama Kanada-Indonesia memainkan peran penting di kawasan Asia Tenggara dan Indo-Pasifik.

“Di masa penting ini, kami sebagai anggota G20, mendukung Presidensi G20 Indonesia,” tegasnya.

Baca juga : Desember, Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022

Burger mengaku merasa terhormat ditunjuk sebagai Duta Besar Kanada ke-28. Dia berharap dapat bekerja sama dengan teman-teman dan mitra Indonesia untuk memperdalam hubungan dan dapat mengeksplorasi peluang kerja sama bilateral.

Tahun ini, Kanada dan Indonesia merayakan 70 tahun hubungan diplomatik bilateral yang dimulai pada 1952. Kanada membuka kedutaan pertamanya di Jakarta pada 1953.

Sejak itu, Kanada dan Indonesia terus menjalani hubungan yang positif. Termasuk sebagai mitra multilateral melalui Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) dan Group of Twenty (G20).

Pada April 2022, Menteri Luar Negeri Kanada dan Indonesia menandatangani rencana aksi dan kerja sama bilateral untuk tiga tahun ke depan yang mencakup berbagai kepentingan politik, ekonomi, dan keamanan bersama.

Landasan dari rencana tersebut adalah keberhasilan negosiasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif yang menjanjikan peluang baru bagi bisnis serta lapangan kerja baru bagi masyarakat di kedua negara.

Baca juga : Penyesuaian Harga BBM Jadi Momentum Perbaikan Struktur Pemberian Subsidi

Didukung hubungan komersial bilateral, termasuk perdagangan dan investasi, telah pulih dari dampak Covid-19 dan terus berkembang.

Kanada dan Indonesia juga menikmati hubungan antar masyarakat yang berkembang dengan ribuan orang Indonesia dan Kanada yang bepergian atau belajar di negara masing-masing.

Kanada pun menegaskan akan terus melanjutkan kerja sama pembangunannya dengan Indonesia. Yaitu, mendukung upaya Pemerintah mengurangi dan beradaptasi dengan dampak perubahan iklim, mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dan memajukan kesetaraan gender dan pemberdayaan pere￾puan dan anak perempuan.

“Kami juga menjadi mitra dalam mengatasi tantangan global seperti pandemi Covid-19 dan terorisme,” tandas Burger.

Sebelum bertugas di Indonesia, Burger adalah Wakil Kepala Misi di Kedutaan Besar Kanada di Jepang. Dia bergabung dengan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Internasional pada 1998.

Baca juga : Istana: Tidak Ada Satu Pun Surat Presiden Bocor

Penugasan lainnya, Burger pernah menjabat sebagai Penasihat Kebijakan untuk Wakil Menteri Luar Negeri dan sebagai Wakil Direktur Divisi China dan Mongolia.

Dia juga pernah bertugas sebagai Penasihat Departemen Senior untuk Menteri Luar Negeri. Pada 2007, dia diangkat sebagai Direktur Urusan Kabinet dan Parlemen dan kemudian menjabat sebagai Direktur Hubungan Asia Tenggara dan Oseania, Direktur Hubungan Pertahanan dan Keamanan dan Direktur Hubungan Komersial Uni Eropa dan Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa.

Sementara untuk penugasan luar negeri, Burger pernah ditempatkan di Kedutaan Besar (Kedubes) Kanada di Prancis pada 1999, di Kedubes Kanada di China pada 2002, dan di Kedubes Kanada di Jepang pada 2017. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.