Dark/Light Mode

Dubes Rusia Hingga Dubes AS Sampaikan Belasungkawa Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Minggu, 2 Oktober 2022 18:21 WIB
Insiden antara suporter dan pihak keamanan terjadi usai laga Arema vs Persebaya. (Foto AP/Yudha Prabowo)
Insiden antara suporter dan pihak keamanan terjadi usai laga Arema vs Persebaya. (Foto AP/Yudha Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang mengundang simpati para duta besar (Dubes) negara sahabat. Mereka turut berduka cita atas insiden yang menodai pertandingan sepak bola Tanah Air.

Tragedi Kanjuruhan jadi duka buat sepak bola Indonesia. Data BPPD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jatim pada pukul 10.30 menyebut,  174 korban tewas. Total 11 orang luka berat. Sementara ratusan luka iringan. 

Arema FC kalah dari Persebaya Surabaya 2-3 dalam laga 'Derby Jawa Timur' pada lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10). Suporter tuan rumah yang tak terima kekalahan tim kesayangannya langsung mengamuk selepas laga.

Baca juga : Japnas Jatim Minta Kapolda Tanggung Jawab Atas Tragedi Kanjuruhan

Di situlah tragedi dimulai. Pihak suporter dan kepolisian bentrok, sampai-sampai gas air mata dilepas ke arah tribun penonton. Para penonton kesulitan keluar, ada yang terinjak-injak, dan sesak nafas karena efek gas air mata. Laga sepakbola yang berujung maut.

Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menyampaikan ucapan duka atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, di akun media sosial Twitter dan Telegram-nya, Minggu (2/10).

"Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva dan seluruh staf Kedubes Rusia di Jakarta mengucapkan belasungkawa yang mendalam terkait tragedi di Malang," bunyi postingan tersebut.

Baca juga : YLBHI: Penggunaan Kekuatan Berlebihan Sebabkan Banyak Korban Di Kanjuruhan

"Turut berduka cita bersama dengan kerabat mereka yang meninggal dunia. (Kami) mengharapkan agar mereka yang luka-luka cepat pulih kembali," sambung postingan tersebut.

Hal senada juga dilontarkan Dubes Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins.  

"Turut berduka cita atas jatuhnya korban jiwa dalam insiden yang terjadi di pertandingan sepak bola di Malang. Doa kami menyertai keluarga para korban," tulis Dubes Jenkins di akun Twitter @DubesInggris.

Baca juga : BRI Sampaikan Belasungkawa Kepada Korban & Sesalkan Insiden Kerusuhan Di Stadion Kanjuruhan

Sementara itu, Kantor Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya terus memantau kejadian dan meminta warganya menghubungi Kedutaan Besar (Kedubes) jika membutuhkan bantuan.

"Kami sedang memantau situasi setelah kejadian tadi malam di Malang. Setiap warga negara Amerika yang membutuhkan bantuan segera dapat menghubungi Petugas Tugas Kedutaan Besar AS untuk bantuan langsung. Silahkan hubungi (031) 2975300," tulis akun Twitter Konjen AS di Surabaya, @USConGenSby.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.