Dark/Light Mode

Jak-Japan Matsuri 2022 Berlangsung Meriah

Wow... Dubes Jepang Ikut Panggul Kendaraan Dewa

Senin, 17 Oktober 2022 07:06 WIB
Dubes Kenji Kanasugi (kanan) bersama mantan Dubes RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra bersemangat memanggul dan mengarak omikoshi di depan Mall FX Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu, 16 Oktober 2022. (Foto Paul Yoanda/RM)
Dubes Kenji Kanasugi (kanan) bersama mantan Dubes RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra bersemangat memanggul dan mengarak omikoshi di depan Mall FX Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu, 16 Oktober 2022. (Foto Paul Yoanda/RM)

 Sebelumnya 
Kanasugi mengatakan, setiap tahunnya selalu menantikan festival tersebut di tempatnya tinggal. Dia mengaku terpesona pada sosok gagah para pengarak omikoshi, dan seruan penuh semangat dari orang-orang yang berkumpul.

Melihat antusiasme itu, Kanasugi yakin gelaran serupa akan selalu didatangi banyak pengunjung. Makanya, dia berencana mengadakan kegiatan serupa dengan volume lebih besar tahun depan.

“Apalagi tahun depan Jepang dan Indonesia, juga Jepang dengan ASEAN, akan merayakan 65 tahun terjalinnya hubungan,” ujarnya.

Baca juga : Kemenag Minta Insan Madrasah Teladani 2 Cendekiawan Betawi

Tak cuma Kanasugi, salah satu warga Jepang yang juga ikut mengarak omikoshi, Ohasi, mengungkapkan kegembirannya.

“Alasan saya selalu ikut, karena kegiatan ini sekaligus ibadah,” ujar Ohasi.

Regu pengarak omikoshi tak cuma warga Jepang. Tapi juga remaja dan pemuda Indonesia yang menggemari tokoh maupun kebudayaan dari Negeri Sakura. Salah satunya Alip, mahasiswa Universitas Hamka. Namun, menurutnya, gelaran tahun ini masih kalah meriah dari sebelumnya.

Baca juga : Jak-Japan Matsuri Kembali Hibur Jakarta

 "Seru dan meriah. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih besar lagi,” harapnya.

Kemeriahan tak cuma terlihat di depan Mall FX Sudirman. Para penggemar tokoh maupun kebudayaan Jepang memenuhi sejumlah stand-stand perusahaan Jepang di lantai 1 dan 3. Selain itu, JJM 2022 juga diisi dengan panggung musik.

Tak ketinggalan, JJM 2022 juga dimeriahkan penampilan para artis dari kedua negara, permainan e-football dari pesepak bola Pratama Arhan-Tokyo Verdy, batik fashion show, workshop kaligrafi Jepang, dessert Jepang yang dibuat chef Dubes Jepang, talkshow sulih suara, dan berbagai acara lain. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.