Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes Heri Puji Tulisan Dan Pidato Karya Goenawan Mohamad

Jumat, 21 Oktober 2022 11:25 WIB
Dubes RI untuk Jepang, Heri Akhmadi bersama Goenawan Mohamad, pendiri Tempo di Tokyo, Kamis (21/10)
Dubes RI untuk Jepang, Heri Akhmadi bersama Goenawan Mohamad, pendiri Tempo di Tokyo, Kamis (21/10)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi mengapresiasi penganugerahan penghargaan The Japan Foundation Award 2022 kepada budayawan dan jurnalis senior Goenawan Mohamad (81 tahun).

Saat bertemu dengan Goenawan Mohamad di Tokyo, Kamis (21/10) Dubes Heri mengatakan, pemberian penghargaan ini merupakan pengakuan konkret dunia dalam hal ini Pemerintah Jepang, atas kiprah Goenawan Mohamad yang konsisten mengusung kebebasan berekspresi dan demokrasi. 

“Tulisan dan pidato intelektualnya konsisten mengusung nilai-nilai demokrasi, kebebasan berekspresi dan kemanusiaan yang inspiratif. Kekritisan dan kejujuran Goenawan dalam setiap tulisan menjadi pengawal setia perjalanan sejarah Indonesia,” tegas Dubes Heri dalam keterangannya, Jumat (21/10).

Baca juga : Dubes Uni Eropa Bersihkan Pantai Dan Jalanan

“Tidak hanya tulisan, kontribusi Goenawan Mohamad dalam karya seni rupa menjadi cermin bersama bangsa ini dalam setiap langkah. KBRI Tokyo senantiasa mendukung dan mempromosikan warga Indonesia yang inspiratif,” tambah Dubes Heri. 

Goenawan Mohamad mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Dubes Heri Akhmadi atas penghargaan dari The Japan Foundation. 

“Terima kasih bapak Dubes yang menyempatkan bertemu saya. Perbincangan yang hangat sambil sarapan pagi. Saya tidak menyangka beliau juga suka lukisan dan print art,” kata Goenawan Mohamad. 

Baca juga : Cara Fujifilm Ciptakan Kenyamanan Karyawan Dalam Bekerja

Penganugerahan The Japan Foundation Award 2022 di hari jadi The Japan Foundation ke-50, dihadiri oleh Pangeran Akishino dan istri serta Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang Yoshimasa Hayashi. 

Penerima penghargaan The Japan Foundation Award selain Goenawan Mohamad adalah Robert Lepage, aktor, penulis naskah drama, sutradara teater dan film asal Kanada. Penghargaan juga diberikan kepada Asosiasi Korea-Jepang sebuah lembaga asal Korea Selatan.

Pemberian Japan Foundation Award dilakukan sejak 1973 yang diberikan kepada individu dan organisasi yang berkontribusi mempromosikan persahabatan antara Jepang dan negara lain melalui aktivitas akademis, seni, dan kegiatan budaya lainnya.

Baca juga : Urusan Sambo Pindah Ke Jaksa Agung

Goenawan Mohamad pernah dianugerahi Louis M Lyons Award untuk Hati Nurani dan Integritas dalam Jurnalisme dari Harvard University Nieman Fellowship pada 1997, International Press Freedom Award dari Committee to Protect Journalism (CPJ) pada 1998 dan International Editor of the Year Award dari World Press Review pada 1999. 

Di bidang seni budaya, pendiri Majalah TEMPO pada 1971 ini juga dikenal sebagai sastrawan dan dramawan. Ia mendirikan Komunitas Salihara Arts Center pada, sebuah komunitas yang didedikasikan penuh untuk mempromosikan seni budaya dan kebebasan berpikir..■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.