Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Presidensi G20 Dipuji

Di Markas PBB, Antonio Guterres Sambut Hangat Menko Airlangga

Kamis, 27 Oktober 2022 21:25 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) bersama Sekjen PBB Antonio Guterres di Markas PBB New York, AS, Rabu (26/10). (Foto: Istimewa)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) bersama Sekjen PBB Antonio Guterres di Markas PBB New York, AS, Rabu (26/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian  Airlangga Hartarto diterima secara hangat oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Guterres di Headquarters of the United Nations, New York, Amerika Serikat, Rabu (26/10).

"Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersolidaritas penuh dan mendukung kepemimpinan Presidensi G20 Indonesia. Ini merupakan sebuah pencapaian diplomatik yang luar biasa di tengah kondisi global hari ini," ujar António Guterres saat mengawali pertemuan tersebut.

Baca juga : Anies Selalu Hormat Ke Jokowi

PBB mengapresiasi langkah Indonesia dalam memimpin forum negara-negara G20, untuk menjawab tantangan global yang semakin kompleks.

Tema event G20 "Recover Together, Recover Stronger" dimaksudkan untuk mendorong pemulihan ekonomi dunia, pasca pandemi Covid-19.

Baca juga : Torehkan Beragam Prestasi, Pembalap Mario Aji Minta Dukungan Menko Airlangga

Sebagai Presidensi G20, Indonesia mengawal tiga isu prioritas utama yang memerlukan kolaborasi global, yakni mengenai arsitektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, serta transformasi digital dan ekonomi.

Terkait isu arsitektur kesehatan global, Menko Airlangga juga memaparkan kepada Sekjen PBB, mengenai keberhasilan Indonesia dalam mengusulkan Financial Intermediary Fund sebagai dana kesiapsiagaan, pencegahan, dan respon terhadap pandemi sebesar 1,4 miliar dolar AS.

Baca juga : Malam Ini, Djanur Pantang Jiper Hadapi Singo Edan

Dalam melaksanakan peran sebagai Presidensi G20, Indonesia terus melakukan koordinasi kebijakan global yang berkontribusi terhadap tata kelola dunia yang lebih seimbang, membuat G20 lebih adaptif terhadap krisis, dan memperjuangkan kepentingan nasional di forum global.

"Kita (Indonesia) telah menyelenggarakan lebih dari 440 forum pertemuan, yang dilaksanakan menuju perhelatan puncak G20 pada November 2022 mendatang," ungkap Menko Airlangga kepada Sekjen PBB. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.