Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Promosikan Budaya Indonesia, KBRI London Gelar Workshop Batik

Selasa, 8 November 2022 08:10 WIB
Dubes RI Desra Percaya di acara Workshop Batik yang digelar di KBRI London, Senin (7/11). (Foto: Dok. KBRI London)
Dubes RI Desra Percaya di acara Workshop Batik yang digelar di KBRI London, Senin (7/11). (Foto: Dok. KBRI London)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London menggelar “Workshop: Discover Batik” di KBRI London, Senin (7/11). Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan promosi Experience Indonesia yang berlangsung selama 3 hari mulai 6 - 8 November 2022 di London. Workshop ini dihadiri oleh 47 peserta yang mayoritas adalah warga setempat.

Melalui pengenalan batik oleh Eliza Kesuma, diaspora Indonesia pegiat batik di Skotlandia, hadirin mendapat pengetahuan mengenai filosofi batik dan bagaimana budaya tersebut diwariskan dari generasi ke generasi.

“Kami memilih batik sebagai sarana promosi Experience Indonesia mengingat batik adalah warisan takbenda dunia. Kekayaan wastra nusantara termasuk batik adalah aset diplomasi budaya di Inggris,” ungkap Dubes RI Desra Percaya dalam keterangannya ke RM.id, Selasa (8/11).

Dubes Desra menambahkan, saat penghormatan dalam pemakaman mendiang Ratu Elizabeth II, istri saya yang mengenakan kain batik sogan jadi perhatian media BBC seperti seorang selebritis.

Baca juga : Toleransi Agama Dan Budaya Indonesia Dapat Dijadikan Contoh Peserta R20

Para pengunjung workshop juga belajar membatik menggunakan canting, Malam dan alat-alat membatik yang dibawa langsung dari Indonesia. Peserta juga tampak sangat tertarik dengan canting, yang walaupun ada namun tidak mudah didapatkan di Inggris.

 

 

Nampak cukup banyak yang tak kesulitan menggunakan canting. Peserta terlihat semangat memilih dan mencelupkan kain pada proses pewarnaan.

Baca juga : Sambut Hari Diabetes, Sun Life Indonesia Gelar Edukasi Hidup Sehat

Tak hanya sarat nilai tradisional, workshop juga hadirkan batik sebagai fesyen internasional melalui peragaan busana dan batik styling oleh Alleira Batik.

 

 

Brand batik modern yang tetap melestarikan nilai batik tersebut tampilkan pemakaian batik dalam nuansa kasual maupun resmi, yang tentunya dapat dikenakan oleh masyarakat asing.

Baca juga : Bamsoet Puji Kiprah Pembalap Muda Indonesia Di FIM MiniGP World Series 2022

Saat workshop berlangsung, peserta bisa mencicipi suguhan kopi khas Indomesia sambil menyaksikan menikmati pameran batik eksklusif koleksi Paguyuban Citra.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.