Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Puji Kiprah Pembalap Muda Indonesia Di FIM MiniGP World Series 2022

Sabtu, 5 November 2022 08:06 WIB
Dua pembalap muda Indonesia yang beraksi di FIM MiniGP World Series 2022, pada 1-3 November 2022, di Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia, Spanyol. (Foto: Dok. IMI)
Dua pembalap muda Indonesia yang beraksi di FIM MiniGP World Series 2022, pada 1-3 November 2022, di Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia, Spanyol. (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras dua atlet muda balap Indonesia, Clevan Louis Valera (10 tahun) dan Lanova Tantra Mahardika (14 tahun) sebagai Juara I dan II FIM MiniGP Indonesia Series 2022. Keduanya telah berjuang maksimal di ajang balap bergengsi dunia FIM MiniGP World Series 2022, pada 1-3 November 2022, di Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia, Spanyol, yang diikuti 33 pembalap muda dari 17 negara dunia yang merupakan pemenang dari masing-masing FIM MiniGP di negaranya masing-masing.

Pada saat babak kualifikasi Race 1 FIM MiniGP World Series 2022 di Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia, Spanyol, Clevan berhasil memberikan hasil maksimal finish di urutan kedua, dengan selisih waktu hanya 0.063 detik dari Jakub Stankiewicz (Polandia) yang finish di urutan pertama. Sedangkan atlet muda Indonesia lainnya, Tantra, finish di urutan ke-9. Pada saat Race 1, Clevan finish di urutan ke-14, Race 2 finish di urutan ke-15, dan Super Race finish di urutan ke-13.

"Secara keseluruhan total poin dari Race 1, Race, 2 dan Super Race, Clevan berada di posisi ke-16, namun itu bukanlah persoalan. Karena yang dikejar dalam event ini bukan sekedar juara, melainkan kesempatan bertanding di level internasional melawan para pembalap muda dari berbagai negara dunia. Sehingga selain mengasah skill balap, Clevan dan Tantra juga bisa mengasah mental dan daya tahan mereka di lintasan sirkuit," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, di Jakarta, Sabtu (5/11).

Baca juga : Bank DKI Raih Indonesia Best BPD Awards 2022

Ketua MPR ini menjelaskan, selain dari Indonesia, para pembalap muda yang mengikuti FIM MiniGP World Series 2022 antara lain berasal dari Alpe Adria, Australia, Austria, Prancis, India, Irlandia, Italia, Jepang, Malaysia, Belanda, Portugal, Qatar, Spanyol dan Inggris. FIM MiniGP World Series diperkenalkan sejak tahun 2021 oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) bersama Dorna Sports yang merupakan penyelenggara MotoGP.

Dia menjelaskan, kehadiran FIM MiniGP World Series dimaksudkan sebagai ajang pencarian bakat pembalap muda usia 10 hingga 14 tahun dari berbagai negara dunia. Sekaligus menjadi gerbang pembuka bagi para pembalap muda tersebut untuk menapaki karir balapnya dalam menembus MotoGP. Indonesia baru tahun ini berpartisipasi dalam FIM MiniGP World Series.

"Di tahun mendatang, IMI tetap berkomitmen mendukung dan mengirimkan kembali atlet muda Indonesia mengikuti ajang FIM MiniGP World Series. Sebagai bagian dari pembinaan para atlet muda bangsa, sehingga mereka bisa mengasah kemampuan balap, mental, daya tahan, sekaligus menambah jam terbang," jelas Bamsoet.

Baca juga : Bamsoet Harap Indonesia Kembali Bisa Jadi Tuan Rumah World Rally Championship

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, dengan mengirimkan sebanyak mungkin atlet balap untuk bertanding ke luar negeri, menunjukkan bahwa Indonesia tidak hanya sekadar membangun fasilitas infrastruktur berupa sirkuit balap dengan berbagai sarana dan prasarananya, melainkan juga menyiapkan kegiatan pembinaan yang terstruktur, masif, dan sistematis. Salah satunya seperti yang dilakukan melalui FIM MiniGP Indonesia Series dan keikutsertaan di FIM MiniGP World Series yang akan dilaksanakan secara rutin tiap tahun.

Setelah dari FIM MiniGP Indonesia Series dan FIM MiniGP World Series, para pembalap muda Indonesia tersebut bisa lanjut mengikuti berbagai kejuaraan bergengsi seperti Red Bull MotoGP Rookie maupun Asia Talent, Moto3, Moto2, hingga akhirnya bisa ke MotoGP.

"Jalan menuju kesana memang tidak mudah, tapi kita tetap harus berusaha maksimal. Karena itu, dukungan sponsor dari berbagai pelaku usaha swasta maupun dari pemerintah sangat penting. Karena dengan bergotong royong, kita bisa memajukan olahraga balap sebagai media untuk mengharumkan Indonesia di dunia internasional," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.