Dark/Light Mode

Jokowi Ke Kamboja, Wapres Ma`ruf Pimpin Upacara Hari Pahlawan

Kamis, 10 November 2022 11:10 WIB
Wapres Ma`ruf Amin dan Ibu Wury Ma`ruf Amin menaburkan bunga dan berdoa di pusara Presiden Ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta, Kamis, 10 November 2022. (Foto RM BPMI Setwapres)
Wapres Ma`ruf Amin dan Ibu Wury Ma`ruf Amin menaburkan bunga dan berdoa di pusara Presiden Ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie, di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta, Kamis, 10 November 2022. (Foto RM BPMI Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pagi ini pimpin Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/11).

Tiba di lokasi upacara, Wapres yang didampingi Wury Ma’ruf Amin disambut Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta Rano Maxim Adolf Tilaar.

Baca juga : Gantikan Jokowi, Wapres Maruf Pimpin KTT Perubahan Iklim COP27

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada para pahlawan yang dipimpin Komandan Upacara. Kemudian dilanjutkan dengan mengenang Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Selanjutnya, Wapres memimpin prosesi mengheningkan cipta yang dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga.

Adapun pembacaan doa untuk arwah para pahlawan dipimpin oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid. Tampak hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Baca juga : Wapres Pimpin Badan Pengarah Pembangunan Papua, Ini Tugasnya

Usai memimpin upacara, Wapres beserta istri didampingi Menteri Sosial dan Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta Rano Maxim Adolf Tilaar meninggalkan tempat upacara untuk menuju lokasi tabur bunga di pusara para tokoh nasional.

Rangkaian upacara ditutup dengan Wapres menabur bunga di beberapa pusara tokoh nasional seperti B. J. Habibie, Ainun Habibie, Ani Yudhoyono, Umar Wirahadikusumah, Soedarmono, Adam Malik, para Pahlawan Revolusi, serta para Pahlawan Pangkat Terendah dan Pahlawan Tidak Dikenal.

Baca juga : Jokowi Sebut Airlangga Pemimpin Dengan Jam Terbang Tinggi, Pengamat Ungkap Maknanya

Sementara Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara, Iriana Joko Widodo ke Phnom Penh, Kamboja, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41 serta KTT terkait lainnya pada 10-13 November 2022.

Dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, Presiden dan rombongan lepas landas dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu (9/11). ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.