Dark/Light Mode

Ketemu Xi Jinping Di Arab Saudi

Presiden Abbas: China Sahabat Tulus Palestina

Sabtu, 10 Desember 2022 05:47 WIB
Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kiri) dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Riyadh, Arab Saudi, Kamis, 8 Desember 2022. (Foto Xinhua/Yao Daw)
Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kiri) dan Presiden China Xi Jinping bertemu di Riyadh, Arab Saudi, Kamis, 8 Desember 2022. (Foto Xinhua/Yao Daw)

RM.id  Rakyat Merdeka - China mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk memulihkan hak-hak nasional mereka yang sah.

Dukungan itu disampaikan Presiden China Xi Jinping saat bertemu Presiden Palestina Mahmoud Abbas di sela Konferensi Tingkat Tnggi (KTT) Dewan Kerja Sama Negara Teluk Arab di Riyadh, Kamis (8/12).

Baca juga : Ganjar Malu-malu Ngomongin Pilpres

Kedua pemimpin dunia itu membicarakan banyak hal, dan menunjukkan persahabatan antarkedua negara. Menurut Jinping, persahabatan China dan Palestina selama lima dekade terakhir, selalu mendukung satu sama lain.

“Tidak peduli bagaimana situasi internasional dan regional berubah, China selalu mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk memulihkan hak dan kepentingan sah bangsa mereka, dan selalu berdiri bersama rakyat Palestina,” kata Xi, dikutip dari China Daily, kemarin.

Baca juga : Petani Kakao Dukung Firli Presiden, Diminta Usut Tata Kelola Pupuk Subsidi

Menurut Xi, China siap mempererat komunikasi dan kerja sama dengan Palestina dalam mempromosikan hubungan antara China dan negara-negara Arab. Serta melaksanakan Inisiatif Pembangunan Global (Global Development Initiative/GDI) dan Inisiatif Keamanan Global (Global Security Initiative/GSI).

Xi juga mengajak komunitas internasional memprioritaskan masalah Palestina dan mengedepankan solusi dua negara dengan prinsip “tanah untuk perdamaian.” Dia juga mendorong agar komunitas internasional memfasilitasi pembicaraan damai.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.