Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes RI Untuk Peru Tutup Kelas BIPA, 86 Orang Dinyatakan Lulus

Sabtu, 10 Desember 2022 06:01 WIB
Dubes Marina Estella Anwar Bey dalam penutupan kelas BIPA
virtual untuk warga Peru. (Foto RM/KBRI Lima)
Dubes Marina Estella Anwar Bey dalam penutupan kelas BIPA virtual untuk warga Peru. (Foto RM/KBRI Lima)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 86 warga Kota Metropolitan Lima, yang berprofesi sebagai pelajar, mahasiswa, guru hingga penerjemah, dinyatakan lulus kelas Kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).

Kelas BIPA Semester II Tahun 2022 yang telah diselenggarakan KBRI Lima, terdiri dari 3 kelas. Yaitu 2 kelas untuk tingkat Pemula (A1-69 peserta lulus) dan 1 kelas tingkat Lanjutan (A2-17 peserta lulus).

Kelas tersebut berlangsung dalam 24 kali pertemuan, dimulai pada 12 September sampai 1 Desember 2022. Selain belajar Bahasa Indonesia, para pengajar BIPA juga memperkenalkan budaya Indonesia seperti tarian dan musik tradisional angklung, masakan khas Indonesia, destinasi wisata serta adat istiadat lainnya.

Baca juga : Resmi Dibuka, 13 Provinsi Ikuti Kejurnas Bola Tangan Di Rawamangun

“Setelah belajar bahasa dan budaya Indonesia, diharapkan semakin tumbuh ketertarikan terhadap Indonesia. Anda dapat menjadi duta-duta yang mempererat hubungan bilateral Indonesia dengan Peru,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Peru merangkap Bolivia, Marina Estella Anwar Bey saat Penutupan Kelas BIPA, secara virtual, Rabu (7/12).

Tampak seluruh peserta bergembira. Mereka setidaknya mengetahui dasar-dasar Bahasa Indonesia, dan dapat melakukan percakapan sederhana dalam Bahasa Indonesia.

Salah seorang alumnus, Nicole Diaz Perales, sangat senang dapat mengikuti kelas BIPA yang diselenggarakan KBRI Lima.

Baca juga : Dubes RI Untuk Sudan, Gelar Vaksinasi Booster Sambil Suguhkan Makanan Dan Hiburan

“Setelah mengikuti kursus BIPA secara gratis, saya sudah dapat melakukan komunikasi dasar menggunakan Bahasa Indonesia. Membaca dan membuat pidato yang sederhana,” katanya.

Kelas BIPA di KBRI Lima diadakan sejak tahun 2009 secara tatap muka, dan baru pada tahun 2020 dikarenakan pandemi Covid-19, dilakukan secara virtual. Kelas BIPA menggunakan Buku Standar Bahasa Indonesia bagi Penutur Bahasa Asing yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Pelaksanaan Kelas BIPA mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kota Lima. Pada 24 November 2022, KBRI Lima bersama Kedutaan Besar (Kedubes) Korea Selatan, Kedubes China dan Kedubes Brazil di Peru, menerima penghargaan dari Wali Kota Lima karena telah memberikan kontribusi nyata di bidang pendidikan. Dan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat setempat.

Baca juga : Baznas RI Dan Bayt Zakat Mesir Perkuat Kerja Sama Perzakatan

Sejak 2019, Pemerintah Kota Lima berkolaborasi dengan KBRI Lima dalam berbagai kegiatan promosi Indonesia di sekolah-sekolah maupun masyarakat. Misalnya, kursus BIPA, kelas tutorial memasak masakan Indonesia, penampilan tarian tradisional Indonesia dan pertunjukan alat musik angklung.

Pada Maret 2023, KBRI Lima akan kembali menyelenggarakan kursus Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. ■ 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.