Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Baznas RI Dan Bayt Zakat Mesir Perkuat Kerja Sama Perzakatan

Selasa, 8 November 2022 23:29 WIB
Pertemuan Sekretaris Baznas RI dan Sekjen Bayt Zakat dan Sedekah Mesir di Kairo
Pertemuan Sekretaris Baznas RI dan Sekjen Bayt Zakat dan Sedekah Mesir di Kairo

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI sepakat untuk memperkuat kerja sama dengan Bayt Zakat dan Sedekah Mesir

Kesepakatan ini dibahas bersama dengan Sekretaris Jenderal Bayt Zakat dan Sedekah Mesir, Mayjen Muhammad Amru Lutfi dan Sekretaris Baznas RI, Muchlis M Hanafi. Pertemuan berlangsung di Gedung perkantoran (Masyiyakhah) Al-Azhar, Senin (7/11)

Turut hadir, atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo Prof. Dr. Bambang Suryadi, dan jajarannya. Sedangkan di pihak Bayt Zakat Mesir, Dr. Sahar Nashr, penasihat Grand Syeikh Azhar untuk Bayt Zakat, mantan Menteri Investasi dan Kerja sama Internasional. 

Kepada Sekjen Bayt Zakat Mesir, Muchlis M Hanafi menyampaikan salam hormat dari Ketua Baznas Noor Achmad yang berhalangan hadir karena harus mengikuti kegiatan bersama Wapres Maruf AminI di Sharm Syeikh Mesir. 

Baca juga : Buka Kejurnas di Yogyakarta, Ketum Pergatsi: Gateball Siap Hadapi PON 2024

Menurutnya, kedua lembaga bersepakat untuk meningkatkan kerjasama di bidang agama dan kebudayaan serta memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

"Baznas RI siap berkolaborasi dengan lembaga-lembaga zakat, di tingkat lokal, regional, dan internasional, termasuk Bayt Zakat dan Sedekah Mesir," terang Muchlis di Kairo.

Muchlis juga menegaskan, prinsip dalam pengelolaan zakat yang sering dikemukakan Pimpinan Baznas, yaitu aman syar’i, aman regulasi, dan aman NKRI.

Sekjen Bayt Zakat, Mayjen Muhammad Amru Lutfi, menyambut baik kunjungan Baznas RI.

Baca juga : BI Dan Bank Sentral Singapura Perpanjang Kerja Sama Keuangan

Dia berharap peningkatan kerja sama kedua lembaga dalam pengelolaan zakat dapat terwujud dan semakin diperkuat. Menurutnya, Bayt Zakat Mesir adalah sebuah lembaga independen yang didirikan pada 9 September 2014 berdasarkan undang-undang no 123 tahun 2014.

Keberadaan lembaga ini berada di bawah supervisi Grand Syeikh Al-Azhar, Syeikh Ahmad Al-Thayyib. 

"Saling tukar pengalaman antar lembaga zakat sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan peran lembaga zakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai tuntunan syariat," ujarnya.

"Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, pengalaman Indonesia dalam memberikan pelayanan keagamaan, terutama pengelolaan zakat dan haji tentu sangatlah menarik," sambungnya.

Baca juga : Dubes Irlandia Berkunjung Ke UGM, Bahas Kerja Sama Pendidikan

Kunjungan Muchlis M Hanafi ke Bayt Zakat dan Sedekah Mesir ini  dilakukan di sela-sela kegiatan Baznas RI di Mesir, berupa peluncuran beasiswa cendekia Baznas di KBRI Kairo bersama Wakil Presiden RI Maruf Amin.

Baznas memberikan beasiswa kepada 300 mahasiswa Indonesia yang kuliah di Mesir dan sejumlah negara Timur Tengah lainnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.