Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Mozambik Herry Sudrajat

Gelar Pelatihan Kilat Membatik

Sabtu, 17 Desember 2022 06:30 WIB
Dubes Herry Sudrajat (kanan) menunjukkan contoh kain batik Indonesia kepada peserta pelatihan membatik di KBRI Maputo, Mozambik, Rabu (14/12). (Foto KBRI Maputo)
Dubes Herry Sudrajat (kanan) menunjukkan contoh kain batik Indonesia kepada peserta pelatihan membatik di KBRI Maputo, Mozambik, Rabu (14/12). (Foto KBRI Maputo)

 Sebelumnya 
Direktur Jenderal Institut Nasional Industri dan Budaya Kreatif Mozambik, Matilde Muocha, yang turut hadir menyatakan, pelatihan membatik ini dapat menjadi ajang pembekalan keterampilan untuk pengembangan ekonomi kreatif di Mozambik. Dan sekaligus perwujudan hubungan baik antara Mozambik dan Indonesia.

Menurut instruktur dari Batik House Indonesia, beberapa karya batik warga Mozambik tidak kalah dari pembatik di Indonesia yang pernah mengikuti pelatihan Batik House Indonesia.

Baca juga : Kain Lurik Berkibar Di International Thai Silk Fashion Week

Salah seorang peserta menyatakan keinginannya untuk berkunjung ke Indonesia dan mempelajari seni membatik secara lebih mendalam.

Sementara beberapa peserta lainnya menginginkan ban￾tuan peralatan serta bahan untuk membatik untuk bisa mengembangkan bisnis membatik di Mozambik.

Baca juga : DPRD Kota Bogor Dorong Disnaker Gelar Pelatihan Khusus Bagi Disabilitas

Pada Oktober lalu, KBRI Maputo telah memfasilitasi pelaku fesyen dari organisasi Mozambique Fashion Week untuk berkunjung ke sentra batik di Yogyakarta dalam rangka mengenal batik dan seni membatik di Pusat Batik Indonesia tersebut.

Hasil kunjungan tersebut telah dipublikasikan di media Mozambique Fashion Week serta di Penyelenggaraan Pekan Fesyen Mozambik selama sepekan pada 4-10 Desember lalu.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.