Dark/Light Mode

PM Baru Malaysia Akan Kunjungi RI Awal Tahun

Sabtu, 31 Desember 2022 00:54 WIB
Presiden Jokowi (kedua kanan) menerima Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abdul Kadir (kedua kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 30 Desember 2022. (FotoBPMI Setpres/Kris)
Presiden Jokowi (kedua kanan) menerima Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abdul Kadir (kedua kiri) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 30 Desember 2022. (FotoBPMI Setpres/Kris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo menerima Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abdul Kadir beserta delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengucapkan selamat atas pemerintahan baru Malaysia di bawah kepemimpinan Perdana Menteri (PM) Anwar Ibrahim.

Jokowi juga menyambut baik rencana kunjungan Anwar yang dijadwalkan pada Januari mendatang. Presiden pun meminta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyiapkan sejumlah kerja sama konkret dengan Malaysia.

Baca juga : Malaysia Hingga AS Perketat Aturan Pengunjung Dari China

“Jadi, sudah ada komitmen bahwa PM Anwar Ibrahim akan melakukan kunjungan ke Indonesia dan saya diminta untuk mempersiapkan kerja sama kerja sama konkret yang dapat dihasilkan dari kunjungan PM Anwar Ibrahim ke Indonesia,” kata Retno di Istana, dikutip kanal YouTube Setkab.

Menlu Zambry juga menyampaikan dukungan dan kepercayaan terhadap Indonesia yang memegang keketuaan ASEAN tahun depan.

Zambry mengatakan, keketuaan Indonesia merupakan keketuaan yang sangat kuat di tengah tantangan global. Selain itu, pertemuan Jokowi dan rombongan Menlu Zambry juga membicarakan perihal Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia dan perlidungan WNI.

Baca juga : Apel Gelar Pasukan, Kapolri Pastikan Seluruh Pihak Siap Amankan Nataru

Retno mengatakan, Jokowi menyinggung soal sistem perekrutan dan penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI), One Channel System.

“Bapak Presiden memberikan perhatian utama terkait isu perlindungan warga negara Indonesia. Harapan Bapak Presiden adalah One Channel System, yang merupakan sistem untuk perekrutan dan penempatan pekerja migran Indonesia, dapat dijalankan dengan baik,” lanjutnya.

Menurut Retno, dalam pertemuan itu Menlu Zambry menyampaikan kembali komitmen mengenai perlindungan pekerja migran Indonesia uang brh⁶ di negeri jiran itu. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.