Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Update Longsor Malaysia, 24 Korban Meninggal, 61 Selamat

Sabtu, 17 Desember 2022 23:39 WIB
Update Longsor Malaysia, 24 Korban Meninggal, 61 Selamat

RM.id  Rakyat Merdeka - Korban meninggal dalam musibah tanah longsor di areal perkemahan di Batang Kali, dekat Genting Highlands Malaysia, dilaporkan telah mencapai angka 24. Menyusul penemuan 3 jenazah: satu anak laki-laki, satu anak perempuan, dan satu wanita dewasa pada hari ini, Sabtu (17/12).

Upaya pencarian di hari kedua ini, dihentikan pada malam hari karena cuaca buruk. Sembilan orang masih hilang.

BNPB Malaysia menyebut, di antara 94 orang yang terjebak dalam tanah longsor, terdapat 61 orang selamat.

"Lumpur tebal, yang dipenuhi puing-puing dan bebatuan, bersama dengan aliran air, mempersulit upaya pencarian korban hilang," kata Kepala Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Selangor Norazam Khamis.

Baca juga : Update Longsor Dekat Genting Highlands Malaysia, 21 Meninggal, Termasuk 5 Bocah

Setelah dihentikan semalam karena hujan lebat, operasi pencarian dilanjutkan sekitar pukul 08.30 pagi ini, dengan bantuan ekskavator.

"Kami harus berhati-hati karena ada aliran air yang kuat dari atas dan di dalam tanah. Ini mempersulit operasi pencarian karena tanahnya lunak," kata Norazam.

Operasi pencarian dan penyelamatan akan difokuskan pada dua dari tiga sektor pencarian.

"Kami fokus ke dua lokasi, karena kami yakin korban terjebak (di sana). Hal ini berdasarkan fakta bahwa korban terakhir ditemukan di titik antara dua lokasi tersebut," tambahnya.

Baca juga : Tanah Longsor Dekat Genting Highlands Malaysia, 13 Meninggal

Operasi hari ini akan melibatkan penggunaan alat berat atau ekskavator untuk menghilangkan tanah dan pohon besar yang tumbang bersama aliran tanah.

Istri Perdana Menteri Anwar Ibrahim, Wan Azizah Wan Ismail, menjenguk korban di Rumah Sakit Selayang pada Sabtu.  Wanita hamil 25 minggu, juga masuk dalam daftar korban.

Anwar melaporkan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan sebesar 10 ribu ringgit Malaysia atau Rp 35,27 juta kepada keluarga dari setiap orang yang tewas dalam tragedi tersebut.

Sementara korban selamat akan menerima RM 1.000 atau Rl 3,53 juta per rumah tangga.

Baca juga : Bupati Cianjur: Korban Meninggal Akibat Gempa Jadi 602 Orang

Dalam investigasi awal, sekitar 450 ribu meter kubik tanah telah runtuh. Bumi jatuh dari ketinggian sekitar 30m, dan menutupi area seluas sekitar 0,4 hektare 

Departemen Kehutanan di beberapa negara bagian Malaysia, telah memerintahkan penutupan tempat perkemahan yang dianggap berisiko tinggi, serta jalur hiking dan mengemudi off-road setelah bencana.

Musibah tanah longsor tak asing di Malaysia. Lazimnya, terjadi setelah hujan lebat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.