Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Malaysia Hermono

Diganjar Award Berkat Lindungi WNI

Rabu, 11 Januari 2023 07:05 WIB
Duta Besar Indonesia Untuk Malaysia Hermono. (Foto Ist)
Duta Besar Indonesia Untuk Malaysia Hermono. (Foto Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menganugerahkan penghargaan Hassan Wirajuda Pelindungan Award (HWPA) kepada 22 pegiat pelindungan Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri, Senin (9/1) malam.

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Malaysia Hermono merupakan salah satu pemenang HWPA 2022 untuk Kategori Kepala Perwakilan RI.

Menurut Dubes Hermono, dia dan timnya di Kedutaan Besar dan kantor konsuler akan terus membantu memperjuangkan hak WNI dan melindungi semua WNI dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di negeri jiran.

Baca juga : Sore Ini, Barito Putera Hadapi Jalan Terjal Keluar Zona Neraka

“Saya sangat bangga dan merasa terhormat atas penghargaan ini,” ujar Dubes Hermono, dalam pesan singkatnya.

HWPA 2022 diberikan kepada 22 penerima dari tujuh kategori, baik individu dan institusi, dari kalangan Pemerintah, mitra kerja Pemerintah, masyarakat madani hingga jurnalis/media.

Proses penjurian HWPA 2022 berlangsung sejak Oktober 2022 dan dilakukan terhadap 75 kandidat yang dinominasikan suatu instansi dan masyarakat secara terbuka. Penilaian juga didasarkan pada penugasan khusus dalam rangka pelindungan WNI di luar negeri dengan penuh dedikasi, loyalitas dan menempatkan pelindungan di atas kepentingan pribadi dan golongan; mencurahkan kemampuan, keahlian, akses dan jejaring kerja yang dimiliki untuk berperan aktif dalam upaya pelindungan WNI di luar negeri.

Baca juga : Terima Kunjungan Kowani Di KBRI Bandar Seri Begawan

Selain itu, para pemenang juga dipilih karena dinilai telah berkontribusi secara aktif dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran publik terhadap isu pelindungan WNI secara berkesinambungan dan/atau menciptakan sistem/kebijakan/program yang bersifat inovatif atau terobosan di bidang pelindungan WNI.

Sementara Menlu Retno mengatakan, Pemerintah Indonesia memberikan apresiasi kepada para pelindung WNI di luar negeri yang telah bekerja keras ‘beyond the call of duty’.

Dia berharap, apresiasi tersebut dapat menginspirasi semua pemangku kepentingan untuk terus memperkuat pelindungan bagi WNI, mengingat jumlah kasus yang terus bertambah dari tahun ke tahun. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.