Dark/Light Mode

Duta Besar Vatikan Untuk Indonesia Piero Pippo

Kebanjiran Ucapan Duka Wafatnya Paus Emeritus Benediktus XVI

Kamis, 5 Januari 2023 06:39 WIB
Dubes Vatikan untuk Indonesia Piero Pippo (kiri) menerima Plt. Dirjen Bimas Katholik Adiyarto Sumardjono di Kedubes Vatikan, Selasa, 3 Januari 2022. (Dok Kemenag)
Dubes Vatikan untuk Indonesia Piero Pippo (kiri) menerima Plt. Dirjen Bimas Katholik Adiyarto Sumardjono di Kedubes Vatikan, Selasa, 3 Januari 2022. (Dok Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak Paus Emeritus Benediktus XVI dikabarkan meninggal dunia pada 31 Desember lalu, Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta kebanjiran ucapan duka. Ada yang mengirimkan karangan bunga, ada juga yang datang langsung untuk menuliskan ucapan duka di buku yang disediakan di aula utama Kedubes.

Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Indonesia Piero Pippo berterima kasih atas ucapan bela sungkawa rakyat Indonesia.

“Kami sangat menghargai rasa simpati saudara-saudara kami atas kabar wafatnya Paus Emeritus Benediktus XVI pekan lalu,” ujarnya dikutip laman Kedubes Vatikan, Selasa (3/1).

Baca juga : Top, Realisasi Pendapatan Daerah Jateng Tembus 99,33 Persen

Kementerian Agama diwakili Plt Direktur Jenderal Bimas Katholik Adiyarto Sumardjono melayat ke Kedubes Vatikan untuk menyampaikan belasungkawa, Selasa (3/1). Dia menyampaikan pesan Menteri AgamaYaqut Cholil Qoumas kepada Dubes Pippo.

“Paus Emeritus Benediktus XVI merupakan tokoh dunia yang rendah hati, serta sosok yang mau menjembatani perbedaan dan cinta damai,” demikian pesan Menteri yang disampaikan Plt Dirjen Bimas Katolik.

Pada waktu yang berbeda, hadir pula Menteri Luar Negeri Retno Marsudi serta Menteri Komunikasi dan Informasi Johny G Plate dan beberapa tokoh Katholik, seperti Ignasius Jonan untuk menyampaikan belasungkawa.

Baca juga : Rekat Indonesia Puji Keberanian Menteri Hadi Sikat Mafia Tanah

Paus Emeritus Benediktus XVI menghembuskan napas terakhir, Sabtu, 31 Desember 2022, di usia 95 tahun, di Biara Mater Ecclesiae, Vatikan. Dia bertugas menjadi Paus atau Pemimpin Tertinggi Umat Katholik mulai 2005 hingga 2013.

Dia membuat keputusan yang sangat mengejutkan berupa pengunduran diri sebagai Paus pada 11 Februari 2013 karena alasan kesehatan.

Banyak karya besar yang ditorehkannya. Antara lain, gagasannya tentang dialog antargereja serta posisi Gereja Katholik dengan agama lain dalam dokumen Dominus Iesus.

Baca juga : Gus-Gus di Blitar Berdoa Untuk Indonesia Dan Deklarasi Ganjar Presiden 2024

Tulisannya pun banyak dipublikasikan dan menjadi rujukan bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang tertarik untuk mendalami studi teologi.

Jenazah Paus Emeritus Benediktus XVI disemayamkan di Basilika Santo Petrus, Vatikan. Pemakamannya akan dilaksanakan Kamis (5/1) di Lapangan Santo Petrus, yang berada di depan Basilika. Upacara pemakaman akan dipimpin Paus Fransiskus. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.