Dark/Light Mode

Liga 1 Indonesia

Sore Ini, Barito Putera Hadapi Jalan Terjal Keluar Zona Neraka

Selasa, 10 Januari 2023 10:59 WIB
Para pemain Barito Putera saat latihan. (Foto : ist)
Para pemain Barito Putera saat latihan. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya PS Barito Putera keluar dari zona degradasi Liga 1 harus melalui jalan terjal.

Pasalnya, sore ini, Selasa (10/1), pukul 15.00 WIB, Barito Putera akan menghadapi tim pemuncak klasemen BRI Liga 1 2022/2023, PSM Makassar pada laga tunda putaran pertama lalu.

Laga tunda pekan ke-6 Barito Putera melawan PSM akan dihelat di Stadion Demang Lehman, Martapura. 

Tambahan tiga poin sangat dibutuhkan Barito Putera untuk bisa keluar dari jerat zona degradasi. Saat ini mereka masih tertahan di posisi ke-16 klasemen sementara dengan koleksi 14 poin. 

Asisten Pelatih Barito Putera Isnan Ali mengaku tak gentar dengan performa lawan yang musim ini terbilang cukup impresif dan konsisten.

Dia menegaskan siapapun lawan yang akan dihadapi tim berjuluk Laskar Antasari itu siap tampil habis-habisan untuk meraih tiga poin di kandang mereka sendiri.

Baca juga : Maudy Ayunda, Hadapi Jalan Hidup Berliku Sejak Kecil

“Tidak ada alasan, tidak ada kompromi siapapun lawannya,” ucap pelatih berusia 43 tahun.

“Kami tak bicara PSM berada di peringkat pertama karena yang paling penting bagaimana mempersiapkan tim kita sendiri untuk menghadapi PSM,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Isnan Ali mengaku timnya sudah menganalisis kekuatan dan kelemahan lawan. Dia juga merasa persiapan tim sudah cukup matang menghadapi laga tunda tersebut.

Dia optimistis dengan grafik Barito Putera yang menunjukkan progres positif menjelang akhir putaran pertama lalu sehingga meraih hasil bagus saat menghadapi PSM.

“Kita sudah melakukan evaluasi dan analisis pertandingan PSM sebelumnya. Kami sudah mempelajari kelebihan dan kekurangan tim lawan,” ujar Isnan Ali.

“Semoga pemain siap dan mengaplikasikan karena dalam beberapa hari ini pemain kami sangat antusias. Kita sangat siap dan selalu optimistis bisa meraih hasil positif,” lanjutnya dilansir laman resmi klub, Selasa (10/1).

Baca juga : Skuad Persib Antusias Sambut Laga Bigmatch Lawan Persija

Di sisi lain, pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares enggan meremehkan kekuatan PS Barito Putera.

Menurutnya meski Barito saat ini berada di zona degradasi bukan berarti bakal dengan mudah PSM mengamankan tiga poin.

Lawatan ke markas Barito untuk mencuri tiga angka dan mengamankan posisi di puncak klasemen diprediksi akan menjadi laga yang cukup sulit bagi timnya.

Hal itu berdasarkan pengamatannya melihat performa Barito yang menunjukkan peningkatan di akhir-akhir putaran pertama lalu.

“Kalau soal kekuatan Barito (Putera), apa yang mereka tunjukkan di klasemen tidak mencerminkan mereka yang sekarang,” ujar Bernardo Tavares.

“Mereka mempunyai pemain-pemain yang bagus dan tim yang bagus. Kalau memang tim kita mau meraih hasil baik, kita harus memberikan yang terbaik. Tidak bisa meremehkan mereka sama sekali,” sambungnya.

Baca juga : Sore Ini, PSIS Lakoni Laga Tunda Lawan Bhayangkara FC

Tanpa kehadiran Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananta yang bergabung dengan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022, Bernardo Tavares telah menyiapkan pemain pengganti yang siap mengisi pos kedua pemain itu.

Dia juga memastikan siapapun pemain tim berjuluk Juku Eja itu yang dipercaya tampil di lapangan akan all out menunjukkan kemampuan terbaiknya.

“Siapapun yang akan kami tampilkan di pertandingan tersebut akan memberikan yang terbaik dan satu hal yang membuat saya bahagia adalah suporter akan hadir di pertandingan,” katanya.

Bernardo Tavares juga berharap laga PSM melawan Barito dapat berjalan secara fair sehingga bisa menyuguhkan pertandingan yang menarik di atas lapangan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.