Dark/Light Mode

Lebarkan Sayap Ke Uni Emirat Arab

Presiden Korsel Bawa Pulang Rp 453 Triliun

Selasa, 17 Januari 2023 06:30 WIB
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (kiri) dan pemimpin Emirat Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan berjalan melewati penjaga di Qasar Al Watan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu, 15 Januari 2023. (Foto AP/Jon Gambrell)
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (kiri) dan pemimpin Emirat Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan berjalan melewati penjaga di Qasar Al Watan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu, 15 Januari 2023. (Foto AP/Jon Gambrell)

 Sebelumnya 
Kemitraan tersebut meli­puti kolaborasi pada energi nuk­lir dan hidrogen, serta kerja sama pada eksplorasi ruang angkasa, emisi karbon, dan inovasi teknologi.

“Presiden Yoon menantikan untuk memperkuat kerja sama strategis yang tidak hanya empat bidang utama tenaga nuklir, energi,­ investasi, dan pertahanan.­ Juga dalam perawatan kesehatan medis serta budaya dan pertukaran orang ke orang,” terang Kantor Kepresidenan Korsel me­ngutip ucapan Yoon.

Baca juga : Pegiat UMKM Apresiasi Presiden Jokowi Beli Produk Dalam Negeri

Yoon juga berharap, kerja sama bilateral akan berfungsi sebagai titik awal yang penting guna memajukan kemitraan stra­tegis khusus ke tingkat tertinggi, dan berharap kerja sama antara kedua negara tidak terbatas.

UEA pun merespons hal tersebut dan siap memperluas kerja sama dengan Korsel di semua bidang. Pada pertemuan bilateral ter­sebut, Kantor Kepresidenan Korsel juga mengatakan, kedua­ negara menandatangani 13 nota­ kesepahaman guna memper­kuat hubungan energi strate­gis.­

Baca juga : Enzo Dibanderol Rp 2 Triliun

Mencakup pengurangan emisi­ karbon di industri melalui peralihan peng­gunaan energi ke hidrogen. Salah satu kesepakatan tersebut, tentang international joint stockpile, yakni deklarasi yang menyepakati bahwa perusahaan minyak Abu Dhabi akan mencadangkan minyak di kota pelabuhan Yeosu di barat daya Korsel.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.