Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Chris Hipkins Bakal PM Selandia Baru Pengganti Ardern

Sabtu, 21 Januari 2023 17:01 WIB
Chris Hipkins, arsitek penanganan Covid-19 di Selandia Baru, calon pengganti PM Jacinda Ardern. (Foto Bloomberg
Chris Hipkins, arsitek penanganan Covid-19 di Selandia Baru, calon pengganti PM Jacinda Ardern. (Foto Bloomberg

RM.id  Rakyat Merdeka - Chris Hipkins telah dinominasikan kaukus Partai Buruh untuk menggantikan Jacinda Ardern sebagai Perdana Menteri Selandia Baru. Keduanya adalah sekutu dekat.

Kaukus Partai Buruh akan secara resmi mendukung pemilihannya, Minggu (22/1). Jika berjalan lancar, maka Hipkins yang berusia 44 tahun akan memimpin Partai Buruh, dan menjadi PM ke-41 Selandia Baru mulai 7 Februari nanti hingga akhir masa jabatan partai berakhir. 

Pemilihan umum akan diadakan pada 14 Oktober mendatang. Beberapa jajak pendapat menunjukkan, Partai Buruh tertinggal dari oposisi Partai Nasional Selandia Baru.

"Saya pikir kami adalah tim yang sangat kuat," kata Hipkins dalam konferensi pers setelah partai mengumumkan dia sebagai kandidat tunggal.

Baca juga : Jokowi Pede Lonjakan Covid-19 Tidak Terjadi

"Kami telah melalui proses ini dengan persatuan dan kami akan terus melakukannya. Saya merasa sangat beruntung bisa bekerja dengan sekelompok orang yang luar biasa yang memiliki komitmen nyata untuk melayani masyarakat Selandia Baru," imbuhnya. 

Seperti dilansir Channel News Asia, politisi yang akrab disapa sebagai "Chippy" memiliki reputasi cemerlang karena kemampuannya menangani COVID-19 dan menjadi pemecah masalah ketika pemerintahan Ardern kesulitan.

Ia mengatakan telah berbicara dengan PM Australia Anthony Albanese, yang men-tweet bahwa keduanya melakukan "diskusi hangat".

Hipkins menempuh pendidikan politik dan kriminologi di Victoria University of Wellington dan sempat menjadi presiden mahasiswa di 2000 dan 2001.

Baca juga : Jacinda Ardern Bersiap Married

Pada September 1997, sebagai mahasiswa tahun pertama, Hipkins menjadi salah satu dari sejumlah mahasiswa yang ditangkap saat memprotes sebuah RUU di parlemen. Namun, 10 tahun kemudian muncul permintaan maaf dan ganti rugi atas penangkapan itu setelah hakim memutuskan unjuk rasa berlangsung damai, beda dengan klaim polisi.

Sebelum terjun ke politik, ia sempat bekerja sebagai penasihat kebijakan untuk Industry Training Federation, training manager untuk Todd Energy di Taranaki, serta penasihat anggota parlemen Trevor Mallard dan Helen Clark.

Pada 2008 hingga saat ini, Hipkins terpilih sebagai anggota parlemen mewakili Rimutaka. Jabatan pertama Hipkins di pemerintahan adalah sebagai Menteri Kesehatan mulai 2 Juli 2020-6 November 2020.

Setelahnya, ia ditunjuk sebagai Menteri Penanganan Covid-19. Jabatannya hingga Juni 2022.

Baca juga : Besok, Hercules Bakal Hadiri Pemeriksaan Di KPK

Karier Hipkins terus berlanjut. Dia ditunjuk sebagai Menteri Kepolisian kemudian ia juga memegang jabatan menteri untuk urusan layanan publik dan menteri pendidikan hingga hari ini.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.