Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Silakan Sandiaga Maju Pilpres, Tapi Nggak Lewat Gerindra

Selasa, 3 Januari 2023 23:59 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Istimewa)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mempersilakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno jika ingin maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Namun, tidak lewat Partai Gerindra. Sandiaga bisa pakai partai politik (parpol) lain. Sebab, partainya telah memutuskan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung.

"Rapat Pimpinan Nasional sudah menentukan Pak Prabowo sebagai calon presiden dari Partai Gerindra. Sehingga kalau ada kader lain yang berkeinginan maju ya itu enggak ada masalah, tapi melalui partai lain," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (3/1).

Dasco menyebut, partainya memberikan keleluasan bagi kadernya untuk mengikuti kontestasi Pilpres 2024.

Baca juga : Sufmi Dasco Restui Sandi Jika Ingin Maju Pilpres 2024

"Sebagai anak bangsa, kami, Pak Prabowo tentunya tidak keberatan apabila ada yang kemudian ingin ikut dalam kontestasi pilpres. Tentunya tidak ada maksud menghalang-halangi dan kami beri kesempatan seluas-luasnya untuk mengekspresikan diri dalam Pilpres," ungkapnya.

Namun, ia kembali menekankan, jalur yang harus ditempuh bagi kadernya yang ingin maju dalam pilpres ialah dengan berpindah ke parpol lain. Sebab mekanisme partainya telah menetapkan Prabowo sebagai capres.

"Tentunya melalui mekanisme yang ada dan ketentuan yang ada. Kalau sudah melalui partai lain ya itu harus menjadi kader partai lain tentunya," ingatnya.

Jika Sandiaga masih patuh terhadap Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo Subianto, mestinya tak menunjukkan keinginan mencalonkan diri sebagai capres di parpol lain.

Baca juga : Skuad Garuda Menang Tipis, STY Kecewa Berat

"Patuh pada mekanisme partai dan apa yang disampaikan Ketua Umum harusnya sudah jelas bahwa Rapimnas beberapa waktu lalu sudah pasti mencalonkan Pak Prabowo. Tidak ada kader Gerindra yang kemudian ikut mencalonkan di partai lain ‘kan begitu," tandasnya.

Ia menyindir Sandiaga kerap menampilkan kedekatan dengan parpol lain dalam rangka sosialisasi capres.

"Tapi kita lihat bahwa belakangan memang yang bersangkutan (Sandiaga) lebih banyak hadir di acara-acara partai lain dan untuk melakukan sosialisasi capres,” ujarnya.

Sebelumnya, Senin (2/1), Sandiaga Uno menyebut dirinya masih memiliki hubungan baik, sinergi, dan harmonis dengan Partai Gerindra meskipun tengah diterpa isu di ambang bergabung ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Baca juga : Mutilasi Mayat Di Bekasi Diduga Pakai Gergaji Listrik, Tapi Kok Nggak Ada Yang Dengar Ya...

"Dengan Gerindra sangat baik, sinergi, dan harmonis. Saya terus berhubungan sama teman-teman pimpinan Gerindra," kata Sandiaga di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta.

Sandiaga menjawab pernyataan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad terkait dirinya beberapa kali diundang PPP. "Beberapa kali saya diundang PPP, kebetulan kami sangat dekat bermitra. Tapi sampai saat ini saya masih menjadi anggota Gerindra, kader," ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.