Dewan Pers

Dark/Light Mode

Mada 9, Mobil Sport Produksi Taliban

Selasa, 24 Januari 2023 17:07 WIB
[Foto: @Zabehulah_M33/@Burtonc53Boss/republicworld.com]
[Foto: @Zabehulah_M33/@Burtonc53Boss/republicworld.com]

RM.id  Rakyat Merdeka - Taliban meluncurkan sebuah mobil mewah. Ini adalah mobil sport canggih – yang pertama dikembangkan di Afghanistan.

[Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi]

Dikutip dari switzerlandtimes.ch, mobil ini dinamai Mada 9 – mobil sport buatan dalam negeri pertama Afghanistan yang kini dikuasai Taliban, diproduksi oleh perusahaan Entop di ibu kota Afghanistan, Kabul.

Peluncuran mobil ini pun sontak bikin heboh, karena dilakukan di negara yang terkenal miskin dan baru usai dari perang. Alih-alih mobil mahal, karena selama ini umumnya jalanan di Afghanistan hanya dilalui oleh mobil-mobil Toyota asal Jepang. mobil yang memang tergolong terjangkau dan awet.

[Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi]

Berita Terkait : Cek Pengeboran Minyak, Dirjen Migas Kawal Produksi Di Sumbangsel

Kecintaan Taliban pada kendaraan Toyota bahkan sudah sejak pertengahan 1990-an. Ketika para militan ini membunuh Presiden Afghanistan, Mohammad Najibullah Ahmadzai dan memproklamirkan Imarah (Pemerintahan) Islam pada 1996 misalnya, mereka mengendarai Toyota Hilux.

[Foto: @entopco/dailystar.co.uk]

Rupanya, kecintaan Taliban pada Toyota juga tercermin pada Mada 9. Mobil baru ini dilengkapi dengan mesin empat silinder, sama seperti yang digunakan pada Corolla, salah satu model Toyota yang paling terkenal.

Mesin Corolla dimodifikasi, sehingga "saat Anda menekan pedal gas, tenaganya cukup kuat," kata Ghulam Haidar Shahamat, Kepala Institut Kejuruan Teknis Afghanistan (ATVI), kepada TOLO News Afghanistan. Entop bekerjasama dengan ATVI dalam melahirkan Mada 9 ini.

[Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi]

Berita Terkait : Leadership, Kunci Pencapaian Target Produksi 1 Juta Barel Minyak Per Hari

Sebuah tim teknik beranggotakan 30 orang dari Entop dan ATVI merancang dan membangun Mada 9. Versi listriknya pun disebutkan bakal segara diluncurkan.

Entop berencana menjual mobil ini di Afghanistan, sebelum menjualnya secara global, tanpa merinci harganya.

[Foto: @entopco/dailystar.co.uk

Juga tak banyak yang diketahui tentang spesifikasi mobil ini, seperti yang dilaporkan platform Quartz. Taliban juga tak berkomentar tentang kekuatan tenaga kuda dari mobil sport baru ini. Termasuk tentang kemungkinan kecepatan maksimumnya. Bahkan belum ada informasi soal produksi massal mobil tersebut sejauh ini. (*)