Dark/Light Mode

IPA Gelar Lomba Fotografi Energi Indonesia, Total Hadiahnya Rp 136 Juta

Jumat, 27 Januari 2023 10:15 WIB
Logo IPA. (Foto: Ist)
Logo IPA. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesian Petroleum Association (IPA) mengadakan Lomba Fotografi dengan tema “Energi Bagi Indonesia”. Lomba dimulai dari 26 Januari-8 April 2023 dengan hadiah total sebesar Rp 136,5 juta. 

Lomba ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian acara Pameran dan Konvensi IPA Tahun 2023 atau yang biasa dikenal dengan IPA Convex 2023. Lomba dapat diikuti oleh seluruh masyarakat, baik umum, pelajar, mahasiswa dan jurnalis.

“Dengan tema Energi Bagi Indonesia, kami mau mengajak seluruh masyarakat untuk mengabadikan berbagai aktivitas terkait industri migas yang sudah berperan dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat di Indonesia. Dimulai dari sektor energi, sumber daya manusia, industri, perdagangan, distribusi logistik, transportasi umum, ekonomi kreatif, budaya, pariwisata, pendidikan dan kesehatan di Indonesia,” ujar Ketua Panitia IPA Convex 2023, Krishna Ismaputra, Jumat (27/1).

Ditambahkan Krishna, sektor hulu migas sudah sejak beberapa dekade menjadi salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Pada era transisi energi seperti saat ini, sektor hulu migas tetap memainkan peran penting dengan menyediakan energi fosil yang relatif lebih bersih khususnya gas guna memastikan ketahanan energi bagi kehidupan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini sejalan dengan tema IPA Convex 2023, yaitu Enabling Oil and Gas Investment and Energy Transition for Energy Security.

Baca juga : Pertama Di Indonesia, IHC RSPP Jadi Bagian Mayo Clinic Care Network

Lomba akan menggunakan kanal sosial media Instagram sebagai media penilaian. Peserta dapat mendaftarkan diri secara daring melalui link https://s.id/energibagiindonesia. Setiap peserta diijinkan mengirimkan karya hingga 10 foto dan hanya diperkenankan mengikuti satu kategori lomba. Selain itu, setiap peserta wajib repost unggahan poster/ pengumuman lomba yang telah diunggah di akun Instagram IPA dan menyertakan atau tag tiga orang lainnya.

Adapun lima kategori lomba yang ada, yakni: Lomba Foto Tunggal untuk Umum, Lomba Foto Tunggal untuk Pelajar/Mahasiswa, Lomba Foto Tunggal untuk Jurnalis, Lomba Foto Cerita untuk Umum, dan Lomba Reels Instagram untuk Umum.

Sebagai dewan juri, lomba fotografi ini akan melibatkan para fotografer senior yang telah memiliki rekam jejak pada bidangnya masing-masing. Mereka adalah Agan Harahap, Arbain Rambey, Astrid Febrina, Beawiharta, Dita Alangkara, Martha Suherman, Okky Anak Dolan, dan Yulianus Firmansyah Ladung.

Sebagai hadiah lomba, Panitia IPA Convex 2023 telah menyiapkan hadiah uang tunai dan sertifikat sebagai berikut. Pada Kategori Lomba Foto Tunggal untuk Umum, juara pertama dengan hadiah uang tunai Rp 12 juta dan sertifikat. Lalu juara kedua akan dapat hadiah uang tunai Rp 7 juta dan sertifikat. Sedangkan juara ketiga dapat hadiah uang tunai Rp 5 juta dan sertifikat.

Baca juga : PM Malaysia Anwar Ibrahim Ke Indonesia, 8 MoU Senilai Rp 4,11 T Bakal Diteken

Untuk Kategori Lomba Foto Tunggal untuk Jurnalis, juara pertama dapat hadiah uang tunai Rp 12 juta dan sertifikat. Juara kedua dapat hadiah uang tunai Rp 7 juta dan sertifikat. Sedangkan juara ketiga dapat hadiah uang tunai Rp 5 juta dan sertifikat.

Untuk Kategori Lomba Foto Tunggal bagi Pelajar/ Mahasiswa, juara pertama dapat hadiah uang tunai Rp 7 juta dan sertifikat. Juara kedua dapat hadiah uang tunai Rp 5 juta dan sertifikat. Sementara juara ketiga dapat hadiah uang tunai Rp 3 juta dan sertifikat

Kemudian untuk Lomba Foto Cerita untuk Umum juara pertama mendapat hadiah uang tunai Rp 20 juta dan sertifikat. Juara kedua hadiahnya uang tunai Rp 10 juta dan sertifikat. Sedangkan juara ketiga mendapat hadiah uang tunai Rp 7 juta dan sertifikat

Sementara untuk Lomba Reels Instagram untuk Umum, juara pertamanya mendapat hadiah uang tunai Rp 12 juta dan sertifikat. Juara kedua hadiahnya uang tunai Rp 7 juta dan sertifikat. Lalu juara ketiga hadiahnya uang tunai Rp 5 juta dan sertifikat. Sementara juara harapan akan mendapat hadiah uang tunai Rp. 2,5 juta dan sertifikat.

Baca juga : 8 Negara Pelototi Traveler Dari China, Indonesia Bagaimana?

Krishna menambahkan, pengumuman pemenang lomba akan disampaikan secara luring dan daring pada 24 Mei 2023 dan hadiah akan diberikan secara simbolik pada Upacara Penutupan IPA Convex 2023 di Jakarta Convention Center, Jumat 26 Mei 2023. “Kami berharap partisipasi para peserta lomba fotografi ini dapat meningkatkan kesadaran kepada kita semua tentang peran sektor hulu migas dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dahulu hingga masa mendatang, khususnya pada era transisi energi seperti saat ini,” tukasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.