Dark/Light Mode

Punya Pengaruh Menengah Di Asia

Gebrakan Indonesia Ditunggu Di ASEAN

Kamis, 9 Februari 2023 05:46 WIB
Presiden Joko Widodo menerima para Menteri Luar Negeri ASEAN di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 3 Februari 2023. (Foto Twitter @jokowi)
Presiden Joko Widodo menerima para Menteri Luar Negeri ASEAN di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 3 Februari 2023. (Foto Twitter @jokowi)

 Sebelumnya 
Pengaruh diplomatiknya terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat, mencerminkan peran pentingnya di ASEAN dan memegang Presidensi G20 pada 2022.

Meski sering dikritik karena menjalankan kepemimpinan yang lemah di ASEAN (indikator baru yang mengukur pola keterlibatan diplomatik), Indonesia menjadi salah satu pemain paling aktif secara diplomatik di kawasan.

Baca juga : Bu Retno Harumkan Indonesia

“Jakarta menjadi tuan rumah para pemimpin luar negeri atau menteri luar negeri terbesar kedua sejak 2021, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi adalah lawan bicara yang dicari di Asia Tenggara dan sekitarnya,” bunyi laporan Lowy Institute.

Dikatakan, Presiden Joko Widodo berusaha menengahi konflik antara Rusia dan Ukraina dan menjadi tuan rumah KTT G20 dalam keadaan geopolitik yang menantang. Tingkat ambisi yang lebih besar ini menghasilkan skor survei yang lebih baik untuk kepemimpinan Indonesia di tingkat regional dan global sepanjang 2022.

Baca juga : Kongsi Pertahanan AS-Filipina Makin Solid

Sementara negara yang paling banyak melakukan dagang dengan Indonesia berdasarakan urutan adalah China, AS, Jepang, Uni Eropa dan Singapura. Dan negara-negara yang paling ketergantungan terhadap Indonesia adalah Singapura, Filipina, Pakistan, Malaysia, dan Myanmar
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.