Dark/Light Mode

Kenapa Gempa Turki Sangat Mematikan

Kamis, 9 Februari 2023 04:35 WIB
Tim penyelamat menyusuri bangunan roboh akibat gempa, di  Antakya, Turki, 6 February 2023. ( Foto Reuter/Umit Bektas)
Tim penyelamat menyusuri bangunan roboh akibat gempa, di Antakya, Turki, 6 February 2023. ( Foto Reuter/Umit Bektas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa dengan Magnitudo (M) 7,8 yang melanda Turki tenggara dan Suriah utara pada Senin pagi (6/3), disebut sebagai salah satu bencana yang paling mematikan dalam dekade ini. Korban tewas lebih dari 10.000 orang.

Baca juga : Korban Tewas Gempa M7,8 Turki Kini Tembus 11.104

Lembaga Penelitian Geoscience Jerman (GFZ) melaporkan, gempa berkekuatan M 7,7 mengguncang Turki tenggara pada Senin dini hari dan berpusat di kedalaman 10 kilometer dekat Provinsi Gaziantep. Namun, Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) melaporkan, gempa tersebut berkekuatan magnitudo 7,8 dengan kedalaman 17,9 kilometer.

Baca juga : Bantu Yuk, Bantu Yuk!

Gempa dahsyat yang dangkal ini diikuti banyak gempa susulan, termasuk satu gempa yang hampir sama besarnya dengan yang pertama, menyebabkan kerusakan serius pada bangunan di dekat patahan.

Baca juga : Gempa Turki, Lebih 100 WNI Kehilangan Tempat Tinggal

“Dari gempa bumi paling mematikan pada tahun tertentu, hanya dua dalam 10 tahun terakhir yang memiliki kekuatan yang sama, dan empat dalam 10 tahun terakhir,” kata Head of Institute for Risk and Disaster Reduction at University College London, Prof Joanna Faure Walker, dikutip BBC, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.