Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gempa Dahsyat Guncang Turki

Bantu Yuk, Bantu Yuk!

Rabu, 8 Februari 2023 07:45 WIB
Bangunan hancur akibat gempa bumi dahsyat magnitudo 7,8 mengguncang Turki pada Senin (6/2/2023). (Foto: REUTERS/Khalil Ashawi)
Bangunan hancur akibat gempa bumi dahsyat magnitudo 7,8 mengguncang Turki pada Senin (6/2/2023). (Foto: REUTERS/Khalil Ashawi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi dahsyat magnitudo 7,8 mengguncang Turki pada Senin (6/2). Musibah tersebut menimbulkan ribuan korban jiwa dan kerusakan parah di beberapa gedung.

Anggota Komisi I DPR Sukamta mengucapkan duka cita mendalam atas musibah gempa bumi yang melanda Turki. Dia mengajak Pemerintah dan rakyat Indonesia bergotong royong membantu korban yang mengalami musibah gempa di Turki.

“Kami berharap agar keru­sakan dan dampak gempa lain­nya bisa segera tertangani,” ucapnya.

Baca juga : Gempa M5,2 Guncang Muarabinuangeun Banten, Tidak Berpotensi Tsunami

Sukamta mengajak rakyat Indonesia membantu semak­simal mungkin rakyat Turki dalam menghadapi musibah ini. Apalagi, Turki adalah negara sahabat yang berulang kali membantu Indonesia. Terakhir, Turki membantu Indonesia dalam penanganan gempa Cianjur.

“Beberapa tahun lalu mem­bantu dalam musibah gempa Palu. Ketika Tsunami Aceh, Turki membantu Indonesia secara maksimal,” jelas Su­kamta.

Selain itu, politikus PKS ini mendesak Pemerintah memasti­kan kondisi keselamatan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Turki. Setelah itu, bisa mengkolaborasikan dengan berbagai pihak di Indonesia untuk membantu Turki dalam menangani musibah gempa ini.

Baca juga : Gempa Dahsyat Guncang Turki, Lebih 1.300 Tewas

Anggota Komisi VIII DPR Maman Imanulhaq mendorong Pemerintah Indonesia lekas turun tangan membantu Turki untuk memulihkan keadaan. Sebab, banyak warga yang men­jadi korban bencana, baik yang kehilangan nyawa maupun harta benda.

“Kita perlu segera membantu meringankan beban masyarakat di Turki,” ujarnya.

Pengasuh Ponpes Al Mizan Jatiwangi ini pun meminta Pemerintah Indonesia segera mengirimkan bantuan kema­nusiaan baik berupa makanan, obat-obatan, tenda darurat, maupun tim relawan. Korban gempa biasanya tak hanya bu­tuh barang-barang kebutuhan pokok saja, tapi juga butuh pendampingan selama masa pemulihan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.