Dark/Light Mode

KBRI Di Turki Evakuasi 123 WNI Dan 3 Warga Asing

Kamis, 9 Februari 2023 00:39 WIB
Tim KBRI Ankara yang dipimpin Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal berbincang dengan WNI yang telah di evakuasi di lokasi gempa Gaziantep, Turki, Rabu (8/2/2023). (Foto RM/KBRI Ankara)
Tim KBRI Ankara yang dipimpin Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal berbincang dengan WNI yang telah di evakuasi di lokasi gempa Gaziantep, Turki, Rabu (8/2/2023). (Foto RM/KBRI Ankara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara yang dipimpin Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal berhasil mengevakuasi 123 Warga Negara Indonesia (WNI) di sejumlah wilayah terdampak gempa di Turki. 

"Alhamdulillah, sesuai perintah Presiden melalu Menlu RI, tim KBRI sudah tiba di lokasi gempa untuk menyerahkan bantuan kemanusiaan dan mengevakuasi WNI yang terdampak (gempa) ke Ankara," kata Dubes Iqbal.

Baca juga : Gempa Turki, Lebih 100 WNI Kehilangan Tempat Tinggal

Dia meminta para WNI yang dievakuasi untuk memberi kabar kepada keluarga di Indonesia agar mereka tenang. Menurut Iqbal, tim yang terdiri dari bagian Konsuler Pelindungan WNI, Atase Pertahanan dan Perbinlu (Pejabat Badan Intelijen Negara) melakukan evakuasi di empat titik yang paling terdampak gempa.

Sejauh ini, tim tersebut berhasil mengevakuasi 123 orang, dari sebelumnya 104 orang, termasuk dua warga Malaysia dan satu warga Myanmar. Adapun seorang WNI bernama Ayu Fira yang berada di Hatay, yang hingga kemarin belum dapat dihubungi, sudah berhasil ditemukan dengan selamat.

Baca juga : Erupsi, Basarnas Evakuasi 164 Pendaki Dari Gunung Marapi

"Alhamdulillah setelah melakukan pelacakan ke lokasi tempat tinggal, Ibu Ayu Fira dan anaknya sudah kami temukan dalam keadaan selamat," ucap Bondet Suryonurwendo, Sekretaris 3 Pelindungan WNI KBRI Ankara yang memimpin tim ke Hatay.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.