Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rayakan HUT RI di Lapangan Sepak Bola Bangkok

Syukuran dan Bazaar Jadi Penawar Rindu Tanah Air

Minggu, 18 Agustus 2019 20:57 WIB
Suasana Perayaan Kemerdekaan RI di Bangkok. (Foto KBRI Bangkok)
Suasana Perayaan Kemerdekaan RI di Bangkok. (Foto KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemeriahan HUT ke-47 Kemerdekaan RI di Bangkok, Thailand, mencapai puncaknya dengan penyelenggaraan pesta rakyat berupa acara Syukuran dan Bazaar di lapangan sepak bola KBRI Bangkok pada 18 Agustus 2019. Lebih dari 1.400 warga Indonesia, para Duta Besar negara ASEAN dan korps diplomatik serta warga Thailand menghadiri kegiatan yang menghadirkan panggung gembira dan 25 stand makanan dan minuman khas Indonesia dan Thailand.

Duta Besar RI Ahmad Rusdi memotong tumpeng disaksikan para dubes ASEAN di Bangkok, Thailand, Minggu (18/8). (Foto KBRI Bangkok)

Acara panggung gembira diisi dengan penampilan seni tari, musik, dan drama. Acara dibuka Duta Besar RI untuk Thailand Ahmad Rusdi. Dalam sambutannya, Dubes Ahmad menekankan mengenai makna Pesta Rakyat sebagai wujud syukur atas Kemerdekaan Indonesia. Sejak merdeka 74 tahun yang lalu, Indonesia berhasil menjadi negara besar yang disegani di dunia internasional. Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras serta persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia. Untuk itu, Dubes Ahmad menggarisbawahi peranan penting WNI di Thailand dalam berkontribusi nyata terhadap pembangunan Indonesia saat ini.

Duta Besar RI Ahmad Rusdi mengatakan, Pesta Rakyat adalah wujud syukur kemerdekaan. (Foto KBRI Bangkok)

Baca juga : Rayakan HUT RI, Panasonic Kerek Nasionalisme Karyawan

Masyarakat Indonesia kemudian larut dalam kegembiraan dan suka cita menyaksikan penampilan para pengisi acara. Gantar Gita Khatulistiwa, kelompok tari dari Jakarta membawa 42 penari dan menampilkan lima tarian. Anak-anak Sekolah Indonesia Bangkok juga tidak mau ketinggalan mempertunjukan kebolehan mereka dalam atraksi gerak dan lagu. Band setempat menyemarakkan panggung dengan 20 lagu upbeat, termasuk Poco-poco dan Maumere yang semakin menghangatkan suasana dan menggoyang para penonton menjelang larut malam.

Bazaar makanan dan kerajinan khas Indonesia tidak luput dari serbuan para pengunjung. Masyarakat rela antre dan merogoh koceknya untuk menikmati makanan khas Indonesia yang disajikan masyarakat Indonesia dan Dharma Wanita Persatuan dengan harga relatif murah. Barisan stand makanan seperti bakso, ayam betutu, martabak, mie ayam, nasi uduk, dan lain-lain tampak dipadati  para pengunjung.

Baca juga : Kevin Sanjaya Ultah, Ucapan Selamatnya Jadi Trending Topic

Bagi Warga Indonesia di Thailand, Syukuran dan Bazaar ini merupakan acara yang dinantikan setiap tahunnya karena keramaian dan kemeriahannya menggugah nostalgia terhadap tanah air. Putranda, warga Indonesia yang baru sekali datang ke acara ini menyampaikan, acara tersebut menjadi obat penawar rindu terhadap tanah air. Menurutnya, Pesta Rakyat ini digelar secara menarik dan menampilkan acara yang tidak biasa. Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata kepedulian KBRI Bangkok terhadap Masyarakat Indonesia yang tinggal di Thailand. Melalui acara ini, Masyarakat Indonesia dapat mengikuti perkembangan situasi di tanah air dan sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar warga masyarakat Indonesia di Thailand. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.