Dark/Light Mode

Ragam Pakaian Daerah Nusantara Meriahkan HUT RI ke-74 di Paris

Minggu, 18 Agustus 2019 18:33 WIB
Dubes RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir (tengah) berpose dengan para peserta Upacara Peringatan HUT RI ke-74 di Wisma Duta, Paris, yang mengenakan aneka pakaian tradisional khas Indonesia, Sabtu (18/8). (Foto: KBRI Paris)
Dubes RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir (tengah) berpose dengan para peserta Upacara Peringatan HUT RI ke-74 di Wisma Duta, Paris, yang mengenakan aneka pakaian tradisional khas Indonesia, Sabtu (18/8). (Foto: KBRI Paris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cuaca yang cukup dingin dan gerimis, tidak menyurutkan semangat masyarakat Indonesia untuk menghadiri Upacara Peringatan HUT RI ke-74 di Wisma Duta, KBRI Paris, Sabtu (17/8).

Sejak pukul 08.30 waktu setempat, gerbang Wisma dibuka, warga langsung berdatangan untuk mengisi lapangan Wisma. Tepat pukul 10.00, sirine peringatan Detik-Detik Proklamasi berbunyi, yang dihayati dengan penuh khidmat oleh peserta upacara, yang dipimpin Duta Besar (Dubes) RI untuk Paris Arrmanatha C Nasir, selaku Inspektur Upacara.

Puncak peringatan Upacara Bendera 74 Tahun RI ini adalah pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibraka KBRI Paris, yang terdiri dari 15 orang pelajar Indonesia di Prancis, di bawah komandan Danny Nirawan, mahasiswa S2 jurusan sinematografi dan audio visual di Paris Sorbonne.

Baca juga : Ribuan Warga Tuban Meriahkan Festival Merdeka Pertamina

Adapun anggota Paskibraka termuda adalah Syahira Naifa, pelajar SMP Georges Seurat. Paskibraka ini dilatih selama 1,5 bulan atau sejak bulan Juli oleh Kolonel Muhammad Yusrif Guntur, Atase Pertahanan KBRI Paris.

Upacara Bendera dilanjutkan dengan rangkaian acara Temu Warga, seperti prosesi tumpeng, penyerahan hadiah-hadiah lomba 17-an, lomba karaoke, dan ramah-tamah. Secara khusus, panitia pun mengadakan pemilihan Busana Daerah dan Kostum Anak favorit. Banyak warga yang hadir mengenakan pakaian daerah, nasional, atau batik. Berbagai ragam dan warna kain Nusantara, semakin menambah nuansa kebhinekaan di Wisma Duta Paris.

“Kita undang warga untuk memakai pakaian daerah. Ada yang memakai busana khas Kalimantan, Batak, Jawa, Makassar. Ini sangat kami apresiasi. Ini Bhinneka Tunggal Ika di Paris,” ungkap Prof. Warsito, Ketua Panitia HUT RI Paris yang juga Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Paris.

Baca juga : Peringatan HUT RI ke-74 di Stockholm Pompa Semangat Persatuan

Acara 17 Agustus 2019 ini dihadiri oleh hampir 600 warga dan diaspora Indonesia, sejumlah tamu asing, serta segenap staf dan keluarga KBRI Paris.

Acara ini adalah puncak dari rangkaian acara peringatan HUT RI ke-74 di Paris. Sebelumnya, pada tanggal 20 Juli lalu, telah diadakan aneka lomba olahraga di Gedung KBRI, disusul pelaksanaan berbagai lomba tradisional Indonesia seperti balap karung, makan kerupuk, dan gobak sodor pada tanggal 3 Agustus di Taman St. Quentin.

Pemberian hadiah dari kedua acara tersebut dilakukan serentak di Wisma Duta. Panitia juga memberikan doorprize sebanyak delapan unit sepeda, yang dimenangkan oleh warga masyarakat. Wajah-wajah bahagia para pemenang hadiah 17-an semakin memeriahkan suasana kekeluargaan di Paris.

Baca juga : Kuliner Nusantara dan Angklung Meriahkan Peringatan HUT RI Ke-74 di Helsinki

Dubes Armanatha Nasir menyampaikan rasa syukur atas lancarnya pelaksanaan perayaan HUT RI ke 74 di Paris. Secara khusus, beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada para purnabakti, yang ikut upacara sejak pagi sampai seluruh rangkaian acara selesai.

"Terima kasih kepada seluruh warga Indonesia dan tamu undangan yang hadir," ujarnya, saat menutup rangkaian acara peringatan HUT RI ke-74. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.