Dark/Light Mode

Dubes Indonesia Desra Percaya

Jamu Sahabat RI Dan Politisi Inggris Di Restoran Toba London

Jumat, 24 Februari 2023 07:20 WIB
Suasana hangat di Retoran Toba di Kota London, Inggris. Duta Besar Indonesia untuk Inggris Desra Percaya menjamu sahabat dan kolega menikmati makanan selera Nusantara. (Foto RM/ KBRI London)
Suasana hangat di Retoran Toba di Kota London, Inggris. Duta Besar Indonesia untuk Inggris Desra Percaya menjamu sahabat dan kolega menikmati makanan selera Nusantara. (Foto RM/ KBRI London)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Inggris dan Irlandia Desra Percaya mengundang rekan-rekan Friends of Indonesia atau Sahabat RI mencicipi sajian resto Toba, restoran Indonesia yang baru dibuka di London.

Dengan dukungan KBRI London, Toba didirikan Pinondang Sinaga, diaspora Indonesia asal Sumatera Utara yang sebelumnya sukses membuka warung makanan Indonesia ‘Pino’s Warung’ di lokasi wisata turis di Camden Market, London. Restoran Toba berlokasi di tengah kota London, tidak jauh dari pusat keramaian Piccadilly danTrafalgar Square.

Duta Besar Indonesia untuk Inggris Desra Percara (kiri) berfoto di depan Restoran Toba, bersama politisi Inggris Richard Graham yang mengapit pemilik restoran Pinondang Sinaga. (Foto RM/KBRI London)

Terinspirasi dari momen masak bersama ibunda tercinta yang dipelajari sejak kecil, Pino berkreasi meramu ragam kekayaan rempah Indonesia yang unik seperti kecombrang dengan diberi sentuhan modern. Melalui sajian kuliner favorit seperti rendang, sate ayam, nasi goreng serta kuliner tradisional Batak yakni arsik ikan, pengunjung dibawa menikmati atmosfer Indonesia.

Baca juga : Dubes RI Di London Desra Percaya Jamu Sahabat Di Restoran Toba

Acara makan malam spesial tersebut dihadiri antara lain anggota parlemen Inggris Richard Graham, Direktur Program lembaga thinktank Chatham House Ben Bland, para dubes negara sahabat serta Desmonda Cathabel, seniman Indonesia pertama yang berhasil tampil di West End Theatre.

Tidak hanya bertujuan untuk berbagi keramahan dan kelezatan kuliner otentik Indonesia, Dubes Desra berharap, perjalanan Pino yang berawal dari warung hingga mampu membuka restoran di lokasi premium London, dapat menjadi inspirasi.

“Restoran Toba adalah adalah bukti nyata dari kolaborasi yang sukses. Ini adalah kisah persahabatan, pertukaran budaya dan pengalaman dari segala penjuru daerah yang menunjukkan keragaman budaya Indonesia yang kaya,” tutur Desra.

Baca juga : Duel Persib Vs PSM Makassar Cuma Ditonton Bobotoh

Richard Graham yang juga Utusan Khusus PM Inggris urusan Perdagangan untuk Indonesia mengaku gembira akhirnya bisa menikmati makanan Indonesia di pusat Kota  London.

“Harapan saya tentang adanya restoran Indonesia di tengah kota London akhirnya terjawab. Apalagi dengan nama Toba yang langsung mengingatkan pada sebuah danau indah di Sumatera Utara,” ungkap Graham.

Menurutnya, suasana restoran sangat nyaman. Dan, semua makanan yang disajikan enak. Ia meyakini, masyarakat Inggris pasti akan menyukainya. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.