Dark/Light Mode

JENESYS2022 For Young Journalists (1)

Gedung Pemerintah Metropolitan Tokyo Jadi Tempat Wisata Gratis

Senin, 27 Februari 2023 05:11 WIB
Indahnya pemandangan kota dari Gedung Pemerintah Metropolitan Tokyo, Jepang. (Paul Yoanda/Rakyat Merdeka)
Indahnya pemandangan kota dari Gedung Pemerintah Metropolitan Tokyo, Jepang. (Paul Yoanda/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gedung megah milik Pemerintah Metropolitan Tokyo, Jepang, tak hanya berfungsi untuk tempat para pejabat kota dan anggota parlemen bekerja. Namun juga menjadi tempat wisata gratis untuk masyarakat setempat dan turis asing.

Wartawan Rakyat Merdeka Paul Yoanda jadi salah satu dari 20 media asal Indonesia yang ikut dalam Program Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths for Young Journalist atau JENESYS 2022 yang berlangsung pada 15-21 Februari 2023 di Tokyo dan Nagano.

Baca juga : Bamsoet Dorong Pemerintah Segera Terbitkan Peraturan Hak Cipta Jurnalistik

Salah satu kegiatannya, mengunjungi Gedung Pemerintah Metropolitan Tokyo pada 16 Februari 2023. Setelah melewati suhu dingin yang cukup menusuk kulit, rombongan masuk ke dalam gedung, suasana hangat langsung terasa.

Tak begitu jauh dari pintu masuk, terdapat lift berteknologi tinggi karena mampu mengantarkan pengunjung ke lantai 45 dalam waktu cepat. Di lantai inilah pengujung bisa menikmati wisata di gedung Pemerintah.

Baca juga : APJII Dukung Kolaborasi Industri Dengan Pemerintah Membangun Literasi Digital Dan Konektivitas Inklusif

Di lantai itu, terdapat observatorium yang bisa dinikmati secara gratis warga setempat, hingga turis asing. Sebelum masuk lift berkapasitas 10 orang itu, pengunjung diminta antre. Petugas keamanan memeriksa tas dan barang bawaan pengunjung.

Hari itu, antrean tidak begitu panjang. Mungkin karena hari kerja, atau sedang tidak musim liburan. Praktis, saat itu lift hanya didominasi rombongan peserta JENESYS2022.

Baca juga : IKN Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pemerintahan Di Kaltim

Selanjutnya, hanya sekitar 55 detik, lift mengantar pengunjung dari lantai 1 ke lantai 45. Sampai di atas, pengunjung bisa melihat observatorium yang cukup luas. Bisa menampung ratusan pengunjung.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.