Dark/Light Mode

Kelabui Polisi, Gembong Narkoba Oplas Wajah

Rabu, 1 Maret 2023 05:52 WIB
Sarahat Sawangjaeng sebelum dan sesudah operasi plastik 
menjadi lelaki Korea. (Foto Thaiger)
Sarahat Sawangjaeng sebelum dan sesudah operasi plastik menjadi lelaki Korea. (Foto Thaiger)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sarahat Sawangjaeng (25), gembong narkoba dari Thailand, melakukan operasi plastik alias oplas dan mengganti namanya seperti orang Korea untuk mengelabui polisi yang memburunya. Namun, usahanya tak berbuah manis.

Sawangjaeng yang mengubah namanya menjadi Jimin Cheong agar sesuai dengan penampilan Korea-nya, ditangkap polisi di sebuah kondominium mewah di distrik Bang Na, Bangkok, pada Jumat pekan lalu.

Baca juga : Sering Ditangkap Karena Mirip Gembong Narkoba

Mengutip Thaiger, polisi tidak dapat mengenali Sawangjaeng ketika mereka menyerbu unit kondominium untuk menangkapnya. Sebab, penampilannya telah berubah total, setelah menjalani banyak operasi selama bertahun-tahun.

 Rencana untuk menangkap Sawangjaeng dimulai pada 2 Desember tahun lalu. Perintah penangkapan keluar setelah polisi melacak paket berisi narkoba untuk pria tersebut.

Baca juga : Hadapi Tahun Politik, Pegawai Kemenkumham Ikrarkan Netralitas Dalam Pemilu

Namun polisi tidak dapat menemukan pria tersebut. Sampai akhirnya, petugas polisi yang menyamar berpurapura tertarik bekerja sebagai pembeli narkoba untuk Sawangjaeng di Bangkok, dan berhasil menghubunginya.

Saat ditemukan polisi yang menyamar, tidak ada satu pun wajah asli Sawangjaeng yang tersisa. Sawangjaeng juga mengaku mengimpor narkoba dari negara-negara di Eropa ke Thailand dengan memesan melalui web gelap dan membayar dengan Bitcoin, sebelum menjualnya ke pelanggan di Bangkok dan sekitarnya. â–  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.