Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Thailand Rachmat Budiman

Bahas Sister City Jakarta Dengan Gubernur Bangkok

Kamis, 2 Maret 2023 06:52 WIB
Dubes Racmat Budiman (kiri) bersama Gubernur Bangkok 
Chadchart Sittipunt, Senin (27/2). (Foto RM/KBRI Bangkok)
Dubes Racmat Budiman (kiri) bersama Gubernur Bangkok Chadchart Sittipunt, Senin (27/2). (Foto RM/KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Pemerintah Kota Bangkok, Thailand, menjalin kerja sama dalam balutan hubungan Sister City Jakarta-Bangkok. Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Thailand, Rachmat Budiman berharap, kerja sama yang sudah terjalin dapat diperkuat.

Hal itu disampaikan Dubes Rachmat Budiman dalam pertemuan dengan Gubernur Bangkok, Chadchart Sittipunt di Bangkok City Hall pada Senin (27/2). Salah satu upaya penguatan kerja sama sister city, jelasnya, melalui penyelesaian perpanjangan dokumen perjanjian/Memorandum of Understanding Sister City Jakarta-Bangkok tersebut.

Selanjutnya, naskah tersebut dapat ditandatangani kedua gubernur pada saat penyelenggaraan Meeting for Governors and Mayors of ASEAN Capitals (MGMAC) and ASEAN Mayors Forum (AMF) di Jakarta tahun ini.

Baca juga : Utusan Khusus Australia Bidik Penguatan Kerja Sama Ekonomi

“Jakarta dan Bangkok telah memiliki kerja sama yang sangat baik dan berharap kerja sama ini dapat diperkuat,” ujar Rachmat Budiman dalam keterangannya, kemarin.

Mantan Dubes RI untuk Austria itu berharap, Gubernur Chadchart dapat hadir pada pertemuan di Jakarta, yang sekaligus melakukan penjajakan potensi kerja sama potensial, sebagai implementasi perjanjian Sister City Jakarta-Bangkok.

Dalam kaitan ini, Gubernur Chadchart menyambut positif upaya finalisasi dokumen perjanjian Sister City Jakarta-Bangkok. Mantan Menteri Transportasi Thailand itu menyambut baik upaya implementasi yang tertuang pada naskah action plan kerja sama tersebut. Namun, ia menyarankan agar action plan tidak hanya dilakukan untuk bidang kerja sama teknis. Melainkan juga bidang kerja sama soft power, seperti seni dan budaya.

Baca juga : Masak Rendang Dan Ayam Suir Untuk Hainan TV

Dalam pertemuan perdana yang berlangsung sekitar satu jam itu, mereka juga membahas rencana penyelenggaraan Trade, Tourism, Investment, and Cultural Forum Indonesia (TTICF) 2023. Serta pengembangan kerja sama di bidang pariwisata hingga pendidikan.

TTICF akan diselenggarakan di Bangkok pada 15-17 September 2023. Kegiatan ini telah diselenggarakan sejak 2022 melalui rangkaian kegiatan. Seperti pameran dan promosi perdagangan, forum bisnis, pertunjukan malam kebudayaan Indonesia dan pameran lukisan.

“Kegiatan ini sukses menggaet antusiasme pengunjung dan kerja sama dengan stakeholders, termasuk Pemerintah Daerah di Thailand,” terang Rachmat. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.