Dark/Light Mode

Dubes Jepang Untuk ASEAN Boyong Soba Master Ke Jakarta

Selasa, 27 Desember 2022 06:39 WIB
ASEAN-Japan Goodwill Ambassador on Food 
& Agriculture, Melody Laksani (kiri) , Dubes Jepang untuk ASEAN Kiya Masahiko (kedua kiri), Dubes Thailand untuk ASEAN Urawadee Sriphiromya (kedua kanan), dan Deputi Sekjen ASEAN Tran Duc Binh (kanan) berpose dengan para Soba Master asal Jepang dalam perayaan hubungan diplomatik ASEAN-Jepang ke-50, di Jakarta, Kamis, 22 Desember 2022. (Foto Paul Yoanda/RM)
ASEAN-Japan Goodwill Ambassador on Food & Agriculture, Melody Laksani (kiri) , Dubes Jepang untuk ASEAN Kiya Masahiko (kedua kiri), Dubes Thailand untuk ASEAN Urawadee Sriphiromya (kedua kanan), dan Deputi Sekjen ASEAN Tran Duc Binh (kanan) berpose dengan para Soba Master asal Jepang dalam perayaan hubungan diplomatik ASEAN-Jepang ke-50, di Jakarta, Kamis, 22 Desember 2022. (Foto Paul Yoanda/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Makanan kerap dipakai untuk saling mengakrabkan diri. Memperkenalkan makanan juga menjadi salah satu cara Jepang untuk semakin mendekatkan diri dengan negara-negara yang tergabung dalam organisasi Perhimpunan Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN).

Promosi makanan, yang menjadi bagian budaya Jepang, digelar dalam acara "Experience Japanese Food Culture", di Kantor Sekretariat ASEAN, Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan, Kamis (22/12).

Baca juga : Dubes Jepang Untuk RI Kenji Kanasugi Genjot Kolaborasi Pertahanan Kedua Negara

Dalam kegiatan itu, Jepang memperkenalkan proses teuchi soba, atau cara pembuatan mie tradisional soba, menggunakan tangan atau handmade. Tak cuma melihat proses pembuatan, juga menyajikannya kepada pengunjung untuk disantap.

Kantor Misi Jepang untuk ASEAN, mendatangkan langsung para pembuat mie soba atau soba master dari Prefektur Miyagi, Jepang. Para soba master berpengalaman itu telah membuat mie soba selama puluhan tahun.

Baca juga : Dubes Jerman Ina Lepel Peringati Hari HAM Internasional

Tak berselang lama, usai pidato pembuka dari Duta Besar (Dubes) Jepang untuk ASEAN Kiya Masahiko dan Deputi Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN Tran Duc Binh, para soba master beraksi. Hari itu, ada dua soba master. Yang satu membuat mie, satu lagi menjelaskan prosesnya, dari awal hingga jadi mie.

Dimulai dengan mencampurkan bahan terpenting. Yakni, tepung gandum yang telah dicampur dengan biji soba. Warnanya agak kehijauan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.