Dark/Light Mode

Bertemu Retno Di Jakarta, Menlu PNG Perkuat Kerja Sama Ekonomi

Kamis, 23 Maret 2023 07:00 WIB
Menlu Retno Marsudi bersama Menlu Papua Nugini Justin Tkatchenko di Gedung Pancasila, Selasa (21/3). (Foto RM/ Kemlu RI)
Menlu Retno Marsudi bersama Menlu Papua Nugini Justin Tkatchenko di Gedung Pancasila, Selasa (21/3). (Foto RM/ Kemlu RI)

 Sebelumnya 
Sementara itu, Menlu Retno menyampaikan dukungan Indonesia untuk negara-negara Pasifik, salah satunya Papua Nugini. Menurut Retno, Papua Nugini merupakan mitra strategis Indonesia dalam menjalin kemitraan lebih mendalam dengan negara-negara Pasifik.

Baca juga : Akademisi Kompak Perkuat Demokrasi Di Indonesia

Dalam pertemuan ini, Menlu Retno menuturkan, Indonesia dan Papua Nugini masih memiliki banyak ruang untuk memperluas kerja sama. Antara lain melalui penyederhanaan perizinan, fasilitasi jaringan logistik yang lebih kuat, serta pembentukan Dewan Bisnis Bersama Indonesia-Papua Nugini.

Baca juga : Urai Kemacetan Jakarta, Heru Maksimalkan Transportasi Publik Dan Perkuat Infrastruktur

Kedua negara juga sepakat mengambil langkah konkret guna memulai negosiasi perjanjian perdagangan. Retno menegaskan, Indonesia berkomitmen mempercepat proses dengan menyiapkan studi kelayakan bersama.

Baca juga : Kasus Korupsi Waskita Karya, Kejagung Periksa 3 Saksi

Pertemuan antara kedua menlu tersebut adalah yang keempat kalinya dalam empat bulan, sejak mereka bertemu di Indonesia-Pacific Forum for Development (IPFD), Archipelagic and Island States (AIS) Forum, serta Bali Democracy Forum (BDF) di Bali pada Desember 2022. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.