Dark/Light Mode

Asisten Menlu AS Daniel Kritenbrink Di Jakarta, Tegaskan Kekuatan AS-Indonesia

Jumat, 10 Maret 2023 08:12 WIB
Asisten Menlu AS Daniel Kritenbrink Di Jakarta, Tegaskan Kekuatan AS-Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel J Kritenbrink pada 8-9 Maret lalu mengunjungi Jakarta. Kritenbrink menjalankan agenda bertemu dengan sejumlah pejabat senior di Kementerian Luar Negeri, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Dalam pertemuan-pertemuan tersebut, Asisten Menlu Kritenbrink menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat untuk memperkuat Kemitraan Strategis AS-Indonesia. Termasuk kerja sama di berbagai sektor, yang mencakup prakarsa-prakarsa bidang ekonomi, keamanan, iklim, dan energi.

Asisten Menlu Kritenbrink membahas kemajuan-kemajuan berbagai upaya membantu Indonesia bertransisi ke sistem energi yang lebih bersih dan lebih hijau. Seperti Kemitraan untuk Infrastruktur dan Investasi Global (Partnership for Global Infrastructure and Investment), Kemitraan Transisi Energi yang Adil (Just Energy Transition Partnership), dan partisipasi Indonesia dalam Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik (Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity).

Baca juga : Menlu Retno: Tanpa Aksi Nyata Yang Tegas, Bencana Nuklir Hanya Soal Waktu

Kritenbrink juga membahas prioritas bersama dalam forum APEC dan fokus AS pada iklim dan kelestarian lingkungan sehubungan dengan tema keketuaan AS di APEC pada 2023. Yaitu “Menciptakan Masa Depan yang Tangguh dan Berkelanjutan untuk Semua.

Selain itu, saat bertemu dengan sejumlah anggota Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) Indonesia, Kritenbrink menyebutkan bahwa AS merayakan hari jadi ke-10 YSEALI dengan beragam acara spesial sepanjang tahun di Indonesia, negara-negara anggota ASEAN lainnya, serta di Timor-Leste.

YSEALI merupakan program Pemerintah AS untuk memberdayakan generasi pemimpin masa depan di Asia Tenggara melalui hubungan antar masyarakat. Program YSEALI diharapkan bisa menggandakan jumlah anggotanya pada 2025.

Baca juga : Di Depan Jokowi, Menteri Siti Laporkan SK Perhutanan Sosial

Kedutaan Besar AS, bersama dengan mitra-mitranya di Indonesia, akan menjadi tuan rumah perayaan satu dekade program ini, bertepatan dengan KTT YSEALI pada akhir tahun ini.

Setelah dari Jakarta, Kritenbrink menyambangi Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam kunjungannya ke dua negara bertetangga itu, 7-11 Maret ini, Kritenbrink berpartisipasi dalam Dialog ASEAN-AS dan Pertemuan Pejabat Senior KTT ASEAN Asia Timur di Jakarta. Dan, bertemu dengan Perwakilan Tetap Filipina untuk ASEAN yang baru.

Selama di Kuala Lumpur, Asisten Menlu Kritenbrink akan bertemu dengan pejabat senior Pemerintah Malaysia untuk membahas prioritas strategis dan cara memperluas Kemitraan Komprehensif kedua negara, termasuk dalam bidang penegakan hukum dan kerja sama penanggulangan terorisme, demokrasi dan hak asasi manusia, antikorupsi, pemberantasan perdagangan orang, pengungsi, kejahatan siber, keamanan maritim, dan inisiatif terkait mineral kritis, energi terbarukan, dan bioteknologi.***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.