Dark/Light Mode

Dubes Indonesia Di Khartoum Sunarko, Bukber Peringati Nuzulul Quran

Senin, 10 April 2023 06:24 WIB
Dubes Sunarko saat peringatan Nuzulul Quran di Wisma Duta, Khartoum, Sudan. (Foto KBRI Khartoum)
Dubes Sunarko saat peringatan Nuzulul Quran di Wisma Duta, Khartoum, Sudan. (Foto KBRI Khartoum)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Khartoum menyelenggarakan buka puasa bersama (bukber) masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Sudan, sekaligus memperingati Nuzulul Quran pada Jumat (7/4), di Wisma Duta Besar Indonesia, Khartoum, Sudan.

Peringatan Nuzulul Quran juga dihadiri masyarakat dan cendekiawan Sudan almuni perguruan tinggi Indonesia dan sahabat-sahabat Indonesia.

Dubes Sunarko dalam sambutannya menekankan pentingnya memanfaatkan momentum istimewa peringatan Nuzulul Quran 1444 H untuk mengimplementasikan nilai-nilai sosial Al Quran dalam kehidupan bermasyarakat bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) di Sudan.

Baca juga : Dubes Indonesia Di Tunis Zuhairi Misrawi Promosi Investasi Sambil Bukber

“Di antara prinsip dan nilai-nilai kehidupan sosial yang diajarkan dalam Al Quran yang perlu kita resapi dan amalkan dalam kehidupan sosial kita dan bahkan dalam menjalin hubungan dan kerja sama antar negara adalah Ta’aruf (saling mengenal), Tafahum (saling memahami) dan Ta’awun (saling bekerja sama),” kata Dubes Sunarko dalam keterangan pers kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Kegiatan Nuzulul Quran diawali dengan khataman Al-Qur’an 30 juz yang dimulai petang hari sampai menjelang berbuka puasa dipimpin Ustaz M Hibatullah Zein, mahasiswa pascasarjana Universitas Al-Quran Al-Karim dan Ilmu-Ilmu Islam, Omdurman.

Ragam jajanan tradisional Indonesia seperti pisang ijo, bakwan dan pisang molen. Serta aneka minuman tradisional dihidangkan sebagai menu berbuka puasa kali ini.

Baca juga : Pos Indonesia Distribusikan Bantuan Pangan Beras Pemerintah Hingga Penjuru Negeri

Setelah shalat Magrib, para hadirin menikmati makan malam, juga dengan menu khas Indonesia. Di antaranya mie goreng, ayam cabe hijau dan sayur lodeh menghadirkan cita rasa Indonesia sebagai obat kangen Tanah Air.

Shalat Isya dan Tarawih pun semakin terasa khusyu, mengikuti alunan suara emas Ustaz Hibatullah Zein selaku imam.

Selanjutnya, dalam ceramah agama, Ustaz Althof Madani, juga mahasiswa pascasarjana Universitas Al Quran Al Karim dan Ilmu-Ilmu Islam, Omdurman, menjelaskan mengenai hikmah Nuzulul Quran, terutama peran Al Quran sebagai pedoman dan rujukan dalam setiap aspek kehidupan manusia. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.