Dark/Light Mode

Roket Starship Milik Elon Musk Meledak Usai 4 Menit Mengudara

Jumat, 21 April 2023 10:49 WIB
Pemilik SpaceX dan CEO Tesla Elon Musk. (Foto Reuters/Mike Blake)
Pemilik SpaceX dan CEO Tesla Elon Musk. (Foto Reuters/Mike Blake)

RM.id  Rakyat Merdeka - Roket Starship milik SpaceX yang sedang menjalani uji peluncuran meledak beberapa menit setelah diluncurkan,  Kamis (20/4). Roket itu jatuh di Teluk Meksiko.

Peluncuran roket merupakan uji coba langkah pertama perjalanan manusia ke Mars. Dikutip dari Time, roket setinggi 120 meter yang diluncurkan di Texas itu, tidak membawa awak.

Baca juga : Lestari Ajak Generasi Muda Tanamkan Nilai Kebangsaan

Peluncuran ini merupakan upaya kedua setelah perusahaan itu menunda peluncuran roket pada Senin (17/4).Pada percobaan pertama, peluncuran roket dibatalkan karena katup penguatnya membeku.

Awalnya, video peluncuran roket tersebut disiarkan langsung oleh SpaceX yang disambut sorak-sorai para pejabatnya. Gambar yang diambil menunjukkan beberapa segmen dari 33 mesin roket tidak mencapai tingkat pembakaran yang tepat saat lepas landas dari lokasi peluncuran.

Baca juga : Merespons Pesan Anak Desa Tentang Pembangunan SDM

Belum ada pernyataan dari SpaceX mengenai jumlah pasti mesin yang gagal menyala, atau apakah mesin tersebut padam sebelum waktunya.

Segera setelah diluncurkan, roket berisi propelan seharusnya terpisah dari kerangka utamanya, tetapi itu tidak terjadi. Roket yang baru mencapai ketinggian 39 kilometer itu, tiba-tiba terbang serong dan meledak setelah 4 menit meluncur, kemudian terjun ke perairan Teluk Meksiko.

Baca juga : Pendaftar Subsidi Tepat Tembus 5 Juta Unit Kendaraan

Beberapa pekan sebelum hari peluncuran, Musk memberikan probabilitas 50-50 keberhasilan roket mencapai orbit. Namun mereka menyatakan, misi peluncuran sebagai uji terbang yang sukses.

Musk bercita-cita untuk membawa manusia ke Mars pada 2026. Dan meyakini, Starship akan menjadi roket yang akan membawa mereka ke sana. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.