Dark/Light Mode

Dubes RI Cairo Saksikan Teken Kontrak Pembelian 120 Ton Jahe Gajah

Kamis, 4 Mei 2023 06:49 WIB
Dubes Lutfi Rauf (tengah) menyaksikan penandatanganan kesepakatan pembelian jahe gajah Indonesia oleh pengusaha Mesir, Minggu (30/4). (Foto KBRI Cairo)
Dubes Lutfi Rauf (tengah) menyaksikan penandatanganan kesepakatan pembelian jahe gajah Indonesia oleh pengusaha Mesir, Minggu (30/4). (Foto KBRI Cairo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengusaha Indonesia kembali mencapai kesepakatan jual beli dalam ukuran besar dengan Mesir. Kali ini, Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf menyaksikan penandatanganan kesepakatan kontrak pembeian jahe gajah sebesar 120 ton selama tiga bulan ke depan. Nilainya mencapai 156 ribu dolar AS (Rp 2,28 miliar).

Dubes Lutfi mengaku senang dapat menjadi saksi atas kesepakatan baru ini. Dia berharap, produk-produk lainnya dapat dijajaki untuk memperkuat hubungan dagang antara Indonesia dan Mesir.

Baca juga : Baru Lahiran, Putri Thaksin Tetap Maju Pemilu Thailand 14 Mei

“Dalam kontrak dagang ini diharapkan, eksportir bertanggung jawab dalam menyediakan produk dan importir mengamankan pembayaran, sehingga tercipta keberlanjutan order produk dari Indonesia,” ujarnya dalam keterangan https://kemlu.go.id, Selasa (2/5).

Dubes Lutfi menyaksikan penandatanganan kontrak transaksi dagang produk jahe gajah antara perusahaan Indonesia, CV Al Malaibari dan perusahaan Mesir El Khalada Misr Industry Egypt Company, di Kairo, Minggu (30/4).

Baca juga : H+4 Lebaran, 55 Persen Kendaraan Belum Kembali Ke Jakarta

Dia mengatakan, potensi Indonesia dan Mesir sangat besar. Mesir dengan populasi penduduk mencapai 110 juta jiwa dan Indonesia mencapai 270 juta jiwa adalah pasar yang besar.

Atase Perdagangan KBRI Cairo, M. Syahran Bhakti me￾nambahkan, dalam menjalin bisnis dengan Mesir, sistem pembayaran yang ditawarkan perlu diperhatikan. Apakah menggunakan Letter of Credit (L/C) atau Cash Against Documents (CAD), sehingga transaksi tidak mengalami hambatan.

Baca juga : Cek Jadwal Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2023 di Trans Jawa

Sementara perwakilan Al Mailabari, Muhammad Rifki menuturkan, pihaknya siap memenuhi permintaan jahe gajah dari pengusaha Mesir. Perusahaan yang berlokasi di Cirebon, Jawa Barat itu, sebelumnya telah mengekspor produk biji pala untuk pasar Mesir.

Pengusaha Mesir El Sayed El Sayed Fahem menyatakan siap bekerja sama bisnis dengan Indonesia. Menurutnya, selain jahe gajah, ia tertarik mengimpor produk buah nanas dan produk buahbuahan tropis lainnya dari Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.