Dark/Light Mode

Dubes Rosan Dukung IKN Jadi Pusat Bisnis Dan Pemerintahan

Jumat, 24 Maret 2023 09:38 WIB
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono  (kiri) bersama Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani/Ist
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono (kiri) bersama Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani mendukung upaya konkret Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menjadi pusat bisnis dan pemerintahan. 

Hal itu disampaikan Rosan usai menggelar pertemuan dengan Kepala OIKN Bambang Susantono di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC, AS. 

Baca juga : KPU Tak Pernah Jalani Mediasi Dengan Prima

"Saya menyampaikan dukungan atas pembangunan IKN dan harapan penuh agar Nusantara menjadi kota yang inklusif, hijau, berkelanjutan, dan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia," kata Dubes Rosan melalui keterangan tertulis yang diterima, Jumat (24/3).

Menurut Dubes Rosan, Bambang berada di AS dalam kapasitasnya sebagai pembicara pada  The United States – Indonesia Society (USINDO) International Zoom and Open Forum on Nusantara. Forum ini bertujuan untuk membangun pemahaman publik AS tentang ibu kota baru Indonesia, Nusantara.

Baca juga : Ketua MPR Dukung 10 Persen APBN untuk Dana Desa

“Pak Bambang menyampaikan kemajuan pembangunan Nusantara, termasuk perkembangan investasi dan kemitraan untuk memastikan keberlanjutan dan kesuksesannya,” jelas dia.

Disebutkan, dalam perbincangan di KBRI, Bambang menyampaikan perkembangan terbaru dan progres pembangunan IKN. Komunikasi dan sosialisasi kepada investor menjadi kunci dalam pembangunan IKN. 

Baca juga : Kementan Gaungkan Genta Organik, TNI AD Siap Jadi Pelaku Pembangunan Pertanian

Selain menjadi pembicara pada forum USINDO, selama berada di AS, Bambang juga menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU)  dengan Direktur United Nations Development Programme (UNDP) Asia-Pasifik Kanni Wignaraja tentang membangun kota berkelanjutan di IKN. 

MoU itu menjadi landasan dari inisiatif bersama dalam berbagai upaya mewujudkan  8 prinsip utama pembangunan IKN. Antara lain, membangun sesuai kondisi alam, mencerminkan persatuan dalam keberagaman, terhubung, aktif, dapat diakses,  memungkinkan rendah emisi karbon, menjadi sirkular dan tangguh.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.