Dark/Light Mode

Dubes Inggris Owen Jenkins Puji Peran Diplomatik Raja Charles III

Senin, 8 Mei 2023 06:46 WIB
Dubes Inggris Owen Jenkins (kiri) berbincang dengan para tamu dalam acara perayaan penobatan Raja Charles III, di Jakarta, Sabtu (6/5). (Foto RM/HO British Embassy)
Dubes Inggris Owen Jenkins (kiri) berbincang dengan para tamu dalam acara perayaan penobatan Raja Charles III, di Jakarta, Sabtu (6/5). (Foto RM/HO British Embassy)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins memuji peran diplomatik yang dijalankan Raja Charles III, jauh sebelum dia dinobatkan sebagai pemimpin monarki pada Sabtu (6/5).

Dalam video yang diterima Rakyat Merdeka, Jumat (5/5), Jenkins mengingat kunjungan Charles ke Indonesia pada 2008. Saat itu, ia masih bergelar Prince of Wales.

“Keluarga Kerajaan selalu menjadi diplomat yang paling dicontoh dan terkenal dengan perannya yang luar biasa dalam membangun hubungan persahabatan dengan negara lain,” ujar Dubes Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste ini.

Baca juga : Sebelum Lengser, Ini Pesan Lampard Ke Chelsea

Raja Charles Peduli

Menurut Jenkins, kedatangan Raja Charles pada 2008 bertujuan mendorong pemahaman yang lebih baik antar agama, dan mempromosikan masa depan rendah karbon yang berkelanjutan serta mengembangkan kesempatan kerja bagi kaum muda.

Atas undangan Presiden saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono, lanjut Dubes Jenkins, Charles memberikan Presidential Lecture di Jakarta.

Baca juga : Lestari Ingin Partisipasi Perempuan Di Dunia Kerja Meningkat

Dubes yang hobi lari ini mengatakan, Raja Charles telah menjalin hubungan erat dengan banyak organisasi, secara umum mendukung mengatasi isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan, masyarakat pedesaan, lingkungan binaan, seni, kesehatan, dan pendidikan.

“Pekerjaan dan kemitraan kami dengan Indonesia ditentukan oleh layanan publik dan pemahaman internasional,” sambungnya.

Pemahaman tersebut, sebut Jenkins, penting bagi seluruh perwakilan Inggris di negara sahabat untuk dapat berkontribusi menyelesaikan masalah-masalah yang menjagi kepedulian sang raja.

Baca juga : Diogo Jota, Si Penghancur Mimpi Spurs

Charles dinobatkan sebagai Raja Inggris dan 14 Negara Persemakmuran di Westminster Abbey, London, pada Sabtu. Dia mengucapkan sumpah setia menjadi Raja ke-40, didampingi Queen Consort Camilla.

Raja Charles naik takhta pada 8 September 2022 setelah wafatnya sang ibu, Ratu Elizabeth II.

Penobatan Raja Charles menjadi peristiwa penting bagi Kerajaan Inggris Raya. Terlebih, perayaan ini dilakukan kembali untuk pertama kalinya sejak 70 tahun lalu. ■ 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.