Dark/Light Mode

30 Tahun Hubungan Diplomatik

Mulai 15 Mei, Garuda dan Air Astana Hubungkan Indonesia-Kazakhstan

Sabtu, 13 Mei 2023 16:01 WIB
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia siap hubungkan Indonesia-Kazakhstan. (Foto: Istimewa)
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia siap hubungkan Indonesia-Kazakhstan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) RI untuk Kazakhstan Fadjroel Rachman mengapresiasi terhubungnya Kazakhstan dan Indonesia, melalui maskapai Garuda Indonesia. Menandai 30 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Layanan interline Garuda, bekerja sama dengan Air Astana melalui rute Bali-Seoul-Almaty (Kazakshtan) pp, dibuka mulai 15 Mei mendatang.

Baca juga : Garuda Gaet Air Astana Perluas Penerbangan Ke Kazakhstan

"Saya menyampaikan apresiasi yang luar biasa atas kolaborasi KBRI Astana, Kedutaan Kazakshtan di Jakarta, Maskapai Garuda Indonesia dan Air Astana dalam mewujudkan hal ini," kata Dubes Fadjroel dalam keterangannya, Sabtu (13/5).

Dubes Fadjroel berharap, pembukaan akses penerbangan ini dapat meningkatkan angka kunjungan turis (pariwisata), people to people contact, volume perdagangan, dan investasi kedua negara.

Baca juga : Pertahankan Nilai-nilai Ramadan & Idul Fitri Untuk Wujudkan Persatuan Bangsa

Di lain pihak, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, layanan penerbangan interline melalui rute Bali – Seoul – Amalty ini merupakan layanan penerbangan dengan pilihan connecting flight paling kompetitif.

"Waktu transit antara penerbangan, dapat dilakukan dalam waktu lebih singkat, tanpa menyediakan visa transit di Bandara Incheon, Korea Selatan," kata Irfan.

Baca juga : GBB, SPN Dan APINDO Sepakat Dorong Pembentukan Komnas Hubungan Industrial

Konektivitas ini diyakini dapat semakin meningkatkan hubungan baik Indonesia-Kazakhstan di segala aspek.  Khususnya sektor ekonomi, yang merupakan prioritas Indonesia dalam kerja diplomasi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.