Dark/Light Mode

Nongkrong di Potters Field Park, Warga Inggris Saksikan Indonesia Weekend

Selasa, 10 September 2019 08:57 WIB
(Foto KBRI London)
(Foto KBRI London)

RM.id  Rakyat Merdeka - Acara seni budaya dan kuliner Indonesia bertajuk “Indonesia Weekend” digelar di Potters Field Park, London, Inggris pada 7-8 September lalu. Area yang biasa dijadikan tempat nongkrong anak muda Inggris itu  dekat dengan Sungai Thames dan pemandangan Tower Bridge yang mempesona.

Dalam keterangan pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London, selama dua hari itu, publik Inggris dapat menyaksikan berbagai penampilan seni dan budaya serta kuliner Indonesia. Mereka antusias. Menjelang pukul 12.00 BST (British Summer Time), pengunjung tampak ramai memenuhi area acara.

Tari Randai dari Sumatera Barat dengan musik pengiringnya yang khas ditampilkan sebagai acara pembuka. Pakaian para penari yang dibalut warna emas dan merah memberikan pemandangan kontras dengan panggung yang didominasi warna hitam. Gerakan para penari yang sangat lincah diselingi sesekali teriakan sangat menarik perhatian para pengunjung.

Baca juga : Oesman Sapta Dukung Kerjasama Investasi Indonesia-Kazakhstan

Sementara penampilan grup musik The Moluccas dengan ukulele-nya yang membawakan sejumlah lagu-lagu daerah Indonesia termasuk beberapa lagu dari Papua membuat penonton terhanyut.  

Tampak beberapa pengunjung begitu menikmati sejumlah sajian tari dan musik Indonesia sambil duduk di rumput yang terhampar luas di depan pangung. Tidak sedikit yang menggelar tikar kain sambil menikmatinya bersama keluarga dan teman-teman mereka. Di samping sajian musik dan tari, pengunjung juga dapat menikmati sajian kuliner khas Indonesia, di antaranya ayam taliwang, bakso, pempek, sate ayam dan gado-gado. 

Salah satu sajian budaya yang banyak diminati pengunjung adalah penampilan angklung interaktif yang dilakukan Sanggar Angklung Saung Ujo. Sejumlah 200 angklung dibagikan pada pengunjung yang berdiri sekitar panggung, yang kemudian diajarkan cara memainkannya dan secara bersama memainkan beberapa buah lagu dengan mengikuti gerakan tangan instrukturnya di atas panggung yang menunjukan notasi angklung mana yang harus dibunyikan.

Baca juga : Mengenal Pasangan PM Inggris Yang Penuh Warna

“Sungguh pemandangan yang sangat unik mendengarkan angklung di tepian Sungai Thames,” ujar David, warga Inggris yang datang ke acara Indonesia Weekend bersama teman-teman kampusnya.

Di samping beberapa sajian musik dan tari tradisional seperti Sasando dari Nusa Tenggara Timur dan tarian dari Jawa Barat dan Jawa Timur, sajian musik dari salah satu grup band ternama Indonesia, D’Masiv juga menarik perhatian pengunjung. 

Acara Indonesia Weekend diselenggarakan Bangga Indonesia Ltd, atas dukungan dari KBRI London dan Kementerian Pariwisata Indonesia serta sejumlah pemerintah daerah dan pihak-pihak lainnya.

Baca juga : Hantam Thailand di Final, Tim Sepak Takraw Indonesia Rebut Emas Lagi

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization (IMO), Dr. Rizal Sukma menyatakan, KBRI London sangat mendukung kegiatan Indonesia Weekend yang merupakan ajang promosi seni, budaya dan kuliner Indonesia di Inggris.  Bersama Dubes Rizal Sukma, hadir Deputi Pemasaran Kemenpar, Nia Niscaya dan perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Sumatera Barat. 

Pada kesempatan itu, Endang Nurdin dari Bangga Indonesia Ltd, sebagai penyelenggara kegiatan Indonesia Weekend, menyatakan sangat bahagia melihat antusiasme publik Inggris yang datang menyaksikan gelaran seni, budaya dan kuliner Indonesia Weekend yang telah dilaksanakan selama empat tahun berturut-turut sejak 2016.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.