Dark/Light Mode

Peringkat Daya Saing Indonesia Melesat

Senin, 3 Juni 2019 04:50 WIB
Peringkat Daya Saing Indonesia Melesat

RM.id  Rakyat Merdeka - IMD World Competitiveness Yearbook (WCY) merilis penilaiannya tentang daya saing global tahun 2019. Hasilnya, peringkat Indonesia melesat. Kini bertengger di posisi 32 dari 63 negara.

Direktur IMD WCY Arturo Bris mengatakan, daya saing Indonesia mengalami kenaikan. Skornya cukup baik 73,59. Padahal, tahun lalu ada di peringkat 42. Penilaian ini rutin dilakukan setiap tahun sejak 1989, dan menjadi rujukan global.

Baca juga : Bukber IFA, Muncul Curhat Nasib Pelatih Indonesia

“Sebanyak 63 negara di evaluasi peringkat daya saingnya. Berdasarkan overall ranking dari empat faktor daya saing (competitive factors). Yaitu kinerja ekonomi (economic performance), efisiensi pemerintahan (government efficiency), efisiensi bisnis (business efficiency), dan infrastruktur (infrastructure),” terangnya di Jakarta, Minggu (2/6).

Kata Arturo, empat faktor daya saing tersebut meliputi 143 kriteria dari hard data. Seperti data-data statistik dari sumber nasional dan internasional. Serta 92 kriteria dari riset data yang merupakan gabungan dari international panel of experts dan executive opinion survey.

Baca juga : Persis DKI Jakarta Adakan Santunan Anak Yatim dan Dhuafa

Penilaian hard data merepresentasikan 2 per 3 dari bobot skor akhir daya saing, dan riset data merepresentasikan 1 per 3 bobot skor akhir daya saing.

Koordinator Riset IMD WCY sekaligus Direktur Konsultasi LM FEB UI Willem Makaliwe mengatakan, peningkatan daya saing yang dialami Indonesia sangat signifikan. Hal itu bisa dilihat dari tren sejak 2015. Peringkat daya saing Indonesia masih berada di atas 40.

Baca juga : Di Asia, Daya Saing Indonesia Naik 11 Peringkat

“Peningkatan peringkat daya saing Indonesia ini adalah yang kedua paling signifikan ,setelah Arab Saudi yang juga naik 13 peringkat dari posisi 39 ke posisi 26. Sementara itu, perubahan peringkat negara-negara lain tidak terlalu signifikan,” kata Willem.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.