Dark/Light Mode

Buku Koleksi Perpustakaan Kembali Setelah 119 Tahun

Sabtu, 15 Juli 2023 06:00 WIB
Pustakawan menunjukkan buku yang baru dikembalikan setelah 119 tahun ke perpustakaan New Bedford, Massachusetts, Amerika Serikat. (Foto: Dok. AP Foto)
Pustakawan menunjukkan buku yang baru dikembalikan setelah 119 tahun ke perpustakaan New Bedford, Massachusetts, Amerika Serikat. (Foto: Dok. AP Foto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpustakaan Umum New Bedford di Massachusetts, Amerika Serikat (AS), akhirnya mendapatkan kembali buku “An Elementary Treatise on Electricity” karya James Clerk Max­well, yang pernah dipinjam. Butuh waktu hingga 119 tahun hingga buku kembali.

Dilansir Associated Press, buku itu dipinjam pada 14 Februari 1904. Buku tersebut akhirnya kembali setelah pus­takawan bernama Stewart Plein, sedang memilah-milah buku sumbangan di Perpustakaan Universitas West Virginia, AS.

Baca juga : Jokowi Minta PSN Kelar Sebelum Tahun 2024

Plein menemukan buku tersebut, dan segera menyadari buku itu merupakan koleksi Perpustakaan New Bedford.

Plein lalu menghubungi pustakawan Perpustakaan New Bedford, Jodi Goodman. Plein mengembalikan buku itu ke tempat asalnya.

Baca juga : Aura Kasih, Berat Jadi Janda, Cari Suami Baru

Direktur Perpustakaan Umum New Bedford Olivia Melo mengatakan, buku itu kembali dalam kondisi sangat baik.

“Seseorang jelas menyim­pan ini di rak buku yang ba­gus, karena kondisinya sangat bagus dan mungkin diberikan secara turun temurun dalam keluarga,” ujar Melo.

Baca juga : Menpora Dukung Kompetensi Peradilan Semu Mahasiswa Hukum

Menurut Melo, perpustakaan mereka kerap menerima buku yang baru dikembalikan setelah 10-15 tahun. “Tapi tidak pernah ada yang sampai satu abad, atau lebih,” jelasnya.

Buku itu pertama kali diterbitkan pada tahun 1881. Dua tahun setelah wafatnya Maxwell. Buku tersebut diterbitkan kala dunia masih meneliti kemungkinan penggunaan listrik untuk kehidupan sehari-hari. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.