Dark/Light Mode

50 Tahun Hubungan RI-Korsel

Hyundai IONIQ 5 Batik Indonesia Diluncurkan, Motif Kawung, Harga Rp 1 Miliar

Kamis, 10 Agustus 2023 18:13 WIB
Dubes RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto (kedua kiri) dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kanan) saat meluncurkan Hyundai IONIQ 5 Batik Indonesia di GIIAS 2023, ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (10/8). (Foto: KBRI Seoul)
Dubes RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto (kedua kiri) dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kanan) saat meluncurkan Hyundai IONIQ 5 Batik Indonesia di GIIAS 2023, ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (10/8). (Foto: KBRI Seoul)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peluncuran Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Batik Indonesia motif kawung dalam rangkaian acara GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang, pada Kamis (10/8), menandai babak baru 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea Selatan (Korsel). Khususnya, kerja sama erat antara industri otomotif Korsel dan ekonomi kreatif serta warisan budaya Indonesia.

Sejalan dengan tema HUT ke-50 hubungan diplomatik RI-Korsel: Closer Friendship, Stronger Partnership, mobil listrik berdesain batik yang merupakan inisiatif Duta Besar (Dubes) RI untuk Korsel Gandi Sulistiyanto, diharapkan dapat menjadi simbol persahabatan erat kedua negara.

Dubes Gandi menuturkan, bagi bangsa Indonesia, batik tidak hanya dipandang sebagai selembar kain.

Batik adalah Warisan Budaya Tak Benda yang telah tercatat di UNESCO, sejak tahun 2009. Batik adalah ikon sejarah dan peradaban Tanah Air, ketika teknik dan motif batik diwariskan dari generasi ke generasi.

Baca juga : Gabungan Seniman Indonesia Berikan Panggung Kepada Musisi Jalanan

"Di daerah pembuatan batik seperti Pekalongan, tempat saya dilahirkan, batik yang merupakan modalitas ekonomi kreatif, telah beralih menjadi sumber penghidupan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) setempat," papar Dubes Sulis yang selalu mempromosikan diplomasi batik, dengan mengenakan kemeja batik sejak mengawali penugasan sebagai Dubes RI Seoul pada Januari 2022.

Peluncuran Hyundai IONIQ 5 Batik Indonesia turut dihadiri Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Keduanya mengunjungi booth Hyundai di GIIAS 2023, dan melihat langsung keindahan eksterior dan interior Hyundai IONIQ 5 Batik Indonesia.

Baca juga : QNET Tanam Bakau di Indonesia dan Bersihkan Sungai Nil di Mesir

Pengunjung pameran otomotif, juga tampak antusias menyaksikan mobil listrik bermotif Batik Indonesia motif kawung.

Motif ini menggambarkan kesempurnaan, kemurnian, dan kesucian. Serta membawa harapan bagi penggunanya, untuk dapat mencapai kesempurnaan yang bermanfaat bagi sekitarnya.

Bagi masyarakat Korea di Indonesia, motif Kawung dianggap menyerupai beras atau nasi, yang diartikan sebagai sumber kesejahteraan atau rezeki melimpah. Juga daun clover, yang diartikan sebagai simbol keberuntungan.

Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Batik Indonesia akan diproduksi dalam jumlah terbatas bagi para kolektor, dan dibandrol pada kisaran harga Rp 1 miliar.

Baca juga : Wow Keren, Nilai Perdagangan Indonesia-Korsel Meroket 140 Kali Lipat

Prototipe Hyundai IONIQ 5 Batik Indonesia dapat dilihat di booth Hyundai pada GIIAS 2023 di Hall 10 ICE BSD, pada 11 – 20 Agustus 2023.

50 Tahun RI-Korsel

KBRI Seoul menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk merayakan 50 tahun hubungan diplomatik RI-Korsel, melalui berbagai kegiatan.

Selain peluncuran Hyundai IONIQ 5 Batik Indonesia, KBRI juga menggelar Bazaar UMKM Indonesia, Forum Bisnis Indonesia-Korea, Festival Indonesia, serta kegiatan lain yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Baik kalangan pemerintahan, bisnis, media, akademisi, dan masyarakat umum.

September mendatang, KBRI Seoul akan menyelenggarakan Festival Indonesia di Gwanghwamun Square, landmark Ibu Kota Korsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.