Dark/Light Mode

Masih Mau Berhitung, Jokowi Nggak Mau Buru-Buru Daftar BRICS

Kamis, 24 Agustus 2023 22:08 WIB
Presiden Jokowi (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menegaskan, Indonesia masih akan mengkaji dan mempertimbangkan keikutsertaan, untuk menjadi anggota kelompok lima negara berkembang terdepan di dunia: Brazil, Rusia, India, China, dan South Africa (BRICS). 

“Kita ingin mengkaji terlebih dahulu, mengkalkulasi terlebih dahulu, kita tidak ingin tergesa-gesa,” kata Presiden, usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS ke-15 di Sandton Convention Center, Johannesburg, Republik Afrika Selatan, Kamis (24/10/2023).

Baca juga : Soal Kesiapan Luhut Jadi Ketum Golkar, Jokowi Nggak Ngurusin Beringin

Presiden memastikan, saat ini, hubungan Indonesia dengan negara-negara anggota BRICS sudah sangat baik. Terutama, dalam bidang ekonomi.

Kepala Negara juga menyampaikan, salah satu proses yang harus dilalui untuk menjadi anggota baru BRICS adalah dengan menyampaikan surat expression of interest.

Baca juga : Bakal Disidang Banteng, Budiman Nggak Gentar

"Untuk menjadi anggota baru BRICS, suatu negara harus menyampaikan surat expression of interest. Semua harus menyampaikan surat itu. Sampai saat ini, Indonesia belum menyampaikan surat tersebut,” ujar Presiden.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.