Dark/Light Mode

Prigozhin Dikabarkan Tewas Kecelakaan Pesawat, Putin Sampaikan Belasungkawa

Jumat, 25 Agustus 2023 00:13 WIB
Prigozhin Dikabarkan Tewas Kecelakaan Pesawat, Putin Sampaikan Belasungkawa

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Yevgeny Prigozhin, setelah bos tentara bayaran Wagner itu dilaporkan tewas dalam kecelakaan jet bisnis di dekat Moskow, Rabu (23/8).

Musibah tragis ini terjadi, dua bulan setelah Prigozhin memimpin pemberontakan melawan panglima militer.

Baca juga : Tak Kaget Bos Wagner Tewas Kecelakaan Pesawat, Biden Menduga Putin Ikut Bermain

Kepada Reuters, dua pejabat AS mengatakan, Washington meyakini pesawat tersebut ditembak jatuh oleh peluru kendali darat ke udara. Namun, informasi ini masih bersifat awal dan sedang ditinjau. Mereka berbicara dengan syarat anonimitas, dan tidak memberikan bukti.

Hingga kini, belum ada pernyataan resmi dari Moskow, mengenai penyebab kecelakaan pesawat tersebut. Belum ada konfirmasi resmi mengenai kematian Prigozhin, selain pernyataan dari otoritas penerbangan yang menyebutnya ada di dalam pesawat tersebut.

Baca juga : Rusia Sebut Bos Wagner Yevgeny Prigozhin Tewas Dalam Kecelakaan Jet Bisnis

Putin yang baru kali ini bicara setelah musibah jatuhnya pesawat yang menewaskan 10 orang, menggambarkan Prigozhin sebagai pengusaha berbakat yang dikenalnya sejak tahun 1990-an. Dia mengatakan, penyelidikan atas kecelakaan itu akan memakan waktu.

Prigozhin adalah ketua kelompok tentara bayaran Wagner, yang menyatakan diri sebagai musuh petinggi militer, atas apa yang disebutnya sebagai tindakan yang tidak kompeten dalam perang Rusia di Ukraina.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.