Dark/Light Mode

Menteri Bahlil Kibarkan 2 Juta Merah Putih Di Papua Barat Daya

Minggu, 6 Agustus 2023 21:15 WIB
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia melepas pawai Bendera Merah Putih di Pelabuhan KEK Sorong, Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Minggu (6/8). Foto: Istimewa
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia melepas pawai Bendera Merah Putih di Pelabuhan KEK Sorong, Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Minggu (6/8). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia melepas 2 juta Bendera Merah Putih di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong, akhir pekan ini.

Rencananya, 2 juta bendera tersebut akan disebarkan secara bertahap sampai ke seluruh pelosok Provinsi Papua Barat Daya hingga 17 Agustus 2023.

Bahlil terbang timur Indonesia. Selain meninjau KEK Sorong, ia juga melepas pawai Bendera Merah Putih di Pelabuhan KEK Sorong, Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya.

Turut hadir Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad, Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Moso, dan Forkompida daerah setempat.

Baca juga : Menteri Bahlil Dukung Percepatan Realisasi Proyek Baterai EV LG

"Mulai hari ini kita akan merah-putihkan ke seluruh Papua Barat Daya. Sehingga nanti akan tersebar dua puluh juta bendera merah putih sampai ke pelosok Papua Barat Daya," tegas Bahlil di Papua, Minggu (6/8).

Pihaknya meminta seluruh Kepala Daerah, yakni Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Tambrauw, dan Kabupaten Mamberamo aktif menyemarakan detik-detik HUT Kemerdekaan dengan memasang bendera merah putih hingga ke semua wilayah.

"Tegakkan, dan pasang Bendera Merah Putih, sebagai lambang kesetiaan kita kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sampai ke pelosok desa, lembah, gunung, laut, hingga sawah dan ladang," pesan mantan ketua umum Hipmi ini.

Bahlil mengatakan, pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin tegak lurus dan bekerja keras menjalankan cita-cita proklamasi kemerdekaan Repubik Indonesia sesuai dengan amanat konstitusi.

Baca juga : Bahlil Hampir Terbunuh Demi Bela Golkar Papua

"Bahwa masih banyak kelemahan dalam mewujudkan cita-cita itu, iya. Tetapi, kita sudah berani memulai membangun kesejahteraan itu. Kita koreksi kalau ada yang kurang-kurang, untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur, sesuai konstitusi dan cita-cita proklamator," tuturnya.

Sebelumnya, Pejabat Bupati Sorong melaporkan kepada Bahlil, bahwa Pemerintah Kabupaten Sorong telah membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 78 meter di Pulau Yerusel, Kampung Arar, Distrik Mayamuk, Jumat.

Hal ini sebagai bagian dari upaya menumbuhkembangkan nasionalisme kepada masyarakat setempat.

"Bapak Menteri, Bendera Merah Putih itu dipegang secara rapi oleh sejumlah anak sekolah. Mereka kemudian berjejer di sepanjang bendera itu di Pantai Yerusel, sebagai lambang kecintaan kami kepada NKRI," ujar Piet Mosso.

Baca juga : SIM Keliling Bogor Rabu 2 Agustus Hadir Di Plaza Keboen Raya

Piet mengatakan, masyarakat tumpah ruah di pantai itu menyaksikan pengibaran bendera terpanjang sesuai dengan angka ulang tahun yang ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pengibaran bendera terpanjang di Pulau Yerusel sebagai kali pertama di tempat itu, menjadi bagian dari wujud kecintaan masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.